Wanita Tewas Terkena Semburan Angin Jet Pesawat di Karibia

Arpan Rahman    •    Jumat, 14 Jul 2017 11:58 WIB
kecelakaan mengerikan
Wanita Tewas Terkena Semburan Angin Jet Pesawat di Karibia
Sebuah pesawat mendarat di bandara internasional Princess Juliana. (Foto: SXM)

Metrotvnews.com, Dunedin: Seorang wanita Selandia Baru tewas terkena semburan angin dari mesin jet saat menyaksikan sebuah pesawat lepas landas di St Maarten, Kepulauan Karibia.

Melihat pesawat adalah aktivitas populer di kalangan turis di sekitar bandara internasional Princess Juliana. Wisatawan biasa mengambil foto dan video saat pesawat jet terbang dekat di atas kepala mereka. 

Embusan angin dari mesin jet kerap mengempaskan para turis, bahkan juga dapat mencopot dan merobek beberapa pakaian dari tubuh.

Dalam sebuah pernyataan, kepolisian St Maarten berkata wanita berusia 57 tahun, yang tidak disebutkan namanya, "terluka parah" tepat pukul 18:00 Rabu sore 12 Juli 2017. Ia tewas usai berpegangan di pagar dekat dengan bandara bersama beberapa orang lainnya, saat sebuah pesawat lepas landas. 

Polisi mengaku melakukan patroli di lokasi tersebut setiap hari guna memperingatkan orang-orang agar menjauh dari daerah "berbahaya."

Korban yang berasal dari Selandia Baru itu diketahui berdiri di belakang pagar dekat landasan pacu 10, saat Boeing 737 lepas landas. 

Seperti dikutip Herald New Zealand, seperti disitir Guardian, Jumat 14 Juli 2017, semburan angin dari mesin jet mengempaskannya ke belakang, dan bagian kepalanya terbentur keras ke beton. Korban meninggal dunia beberapa saat setelah dilarikan ke rumah sakit.

Rambu-rambu di bandara memperingatkan wisatawan agar menjauh dari landasan pacu karena semburan angin jet bisa menyebabkan "bahaya fisik atau kematian." 

Bandara tersebut adalah lokasi mengamati pesawat "terbaik" sekaligus "paling menakutkan di dunia." Landasan pacunya pendek, hanya 2,180 meter, yang memaksa pesawat untuk mendekat di dataran rendah.

"Pendaratan dan penerbangan semua jenis serta ukuran pesawat terbang di bandara internasional St Maarten terkenal di seluruh dunia sebagai tempat wisata utama," kata kepolisian setempat.

"Banyak turis datang ke pulau ini mau mengalami sensasi melihat pendaratan pesawat dari dekat, yang terbang rendah di atas kepala mereka. Namun, hal ini sangat berbahaya," lanjut dia.


(WIL)