Ratusan Penguin Ditemukan Mati Kelaparan di Antartika

Sonya Michaella    •    Sabtu, 14 Oct 2017 12:31 WIB
peristiwa unik
Ratusan Penguin Ditemukan Mati Kelaparan di Antartika
Penguin jenis Adelie yang hidup di Antartika TImur. (Foto: BBC)

Metrotvnews.com, Antartika: Ratusan penguin penghuni Antartika Timur ditemukan mati karena kelaparan. Parahnya, mereka mati kelaparan di tengah musim kawin.

Hal ini disebabkan tingginya jumlah es di akhir musim, yang berarti penguin dewasa harus melakukan perjalanan lebih jauh untuk mendapatkan makanan.

Dikutip dari BBC, Sabtu 14 Oktober 2017, ini adalah musim dingin terburuk kedua dalam lima tahun di mana tidak ada anak penguin jenis Adelie di Antartika yang lahir.

Sementara itu, World Wildlife Fund (WWF) menyerukan adanya tindakan perlindungan terhadap penguin yang mendiami Antartika. Diperkirakan, jumlah penguin di benua tersebut mencapai 36 ribu.

WWF juga mengatakan, kelangsungan hidup penguin di Antartika harus dilestarikan, seiring dengan semakin sedikit jumlah spesies penguin di dunia.

Bahkan, WWF mengusulkan harus dibangunnya Kawasan Lindung Laut yang baru di perairan Antartika Timur untuk melindungi penguin.

Perubahan alam akibat perubahan iklim juga bisa memengaruhi habitat seperti mencari makan dan sebagai mangsa predator yang lebih besar. Cairnya es, serta ekspansi lempengan es adalah hal utama kepunahan koloni penguin jenis Adelie.

Kendati demikian, Penguin Adelie belum sepenuhnya punah. Sekitar 5 mil dari Commonwealth Bay, terdapat koloni lain. Itu membuat para ahli memperkirakan bahwa lempengan es-lah yang bertanggung jawab atas susutnya koloni tersebut.


(WIL)