Seorang Wanita Jamaika akan Dinobatkan sebagai Manusia Tertua

Willy Haryono    •    Selasa, 18 Apr 2017 18:33 WIB
peristiwa unik
Seorang Wanita Jamaika akan Dinobatkan sebagai Manusia Tertua
Violet Brown, wanita berumur 117 yang diyakini sebagai manusia tertua di dunia. (Foto: Sheena Gayle/Gleaner Writer)

Metrotvnews.com, Kingston: Seorang wanita berusia 117 tahun di Jamaika diyakini akan segera dinobatkan sebagai manusia tertua di dunia. 

Violet Brown, yang menghabiskan sebagian besar hidupnya dengan memotong tebu di sekitar rumahnya di Jamaika barat, merayakan ulang tahun ke-117 bulan lalu.

Kini dia diyakini sebagai individu tertutu setelah Emma Morano -- wanita Italia yang lahir pada November 1899 -- meninggal dunia pada Sabtu 15 April 2017. 


Emma Morano. (Foto: AFP)

Brown, lahir pada Maret 1900, meyakini bahwa usianya yang panjang merupakan buah dari bekerja keras dan rutin datang ke gereja. 

"Inilah yang Tuhan berikan kepada saya, jadi saya menerimanya. Sebuah umur yang panjang," ungkap Brown, seperti dikutip ITV, Selasa 18 April 2017. 

"Saya menghabiskan banyak waktu di gereja. Saya suka bernyanyi. Saya berada di gereja dari kecil hingga saat ini," sambung dia. 

Menurut Robert Young, direktur dari Grup Riset Gerontologi yang menelusuri orang-orang berumur panjang, meyakini Brown sebagai manusia tertua dengan akta kelahiran yang kredibel. 

Rekor Dunia Guinness belum mendeklarasikan Brown sebagai manusia tertua. Tapi selama ini Guinness bergantung pada data-data dari grup Young. 

Young mengaku sudah bertemu Brown dan memeriksa akta kelahirannya, yang dikeluarkan otoritas Inggris yang menguasai Jamaika ketika itu. 

"Dia adalah manusia tertua, dan kami memiliki dokumentasi yang cukup untuk membuktikannya," kata Young. 

Perdana Menteri Jamaika telah mengucapkan selamat atas usia panjang Brown di Twitter. 

Guinness mengaku sedang meneliti sejumlah kandidat untuk manusia tertua di dunia. "Ini adalah proses kompleks dan panjang. Tidak ada konfirmasi pemegang rekor hingga proses tersebut selesai," ujar juru bicara Guinness Elizabeth Montoya.

Didampingi dua perawat, Brown menghabiskan hari-harinya di rumah bersama anaknya yang berumur 97. Dia mampu berdiri sendiri dan berjalan dalam jarak pendek. 

"Saya adalah mantan petani tebu. Saya mengerjakan semuanya sendiri," ucap Brown. "Saya juga bekerja bersama suami saya di bukit itu," tunjuk dia, ketika diatanya mengenai kehidupan keluarganya.


Violet Brown. (Foto: Sheena Gayl)


(WIL)