Antisipasi Kekerasan Suami, Ratusan Wanita India Dibekali Tongkat Kayu

Willy Haryono    •    Minggu, 30 Apr 2017 22:31 WIB
peristiwa unik
Antisipasi Kekerasan Suami, Ratusan Wanita India Dibekali Tongkat Kayu
Ilustrasi pengantin baru di India. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Madya Pradesh: Seorang politikus India menyerahkan tongkat kayu ke ratusan pengantin wanita untuk digunakan sebagai senjata jika sewaktu-waktu suami mereka melakukan kekerasan usai meminum minuman keras. 

Tongkat kayu diserahkan ke 700 pengantin wanita dalam pernikahan massal yang diselenggarakan pemerintahan lokal Madya Pradesh, India. 

Menteri Pemerintahan Madya Pradesh Gopal Bhargava menyerahkan ratusan tongkat kayu -- yang biasa digunakan untuk membersihkan pakaian atau kasur -- untuk digunakan sebagai pertahanan diri para istri. 

Masing-masing tongkat kayu dilabeli dengan tulisan: "untuk memukul para pemabuk" dan "polisi tidak akan ikut campur."

Bhargava mengatakan kepada para pengantin wanita bahwa mereka harus terlebih dahulu menenangkan suaminya jika berbuat kasar. Tongkat kayu baru dianjurkan untuk digunakan jika suami-suami itu tidak mau tenang.

"Banyak wanita bilang suami mereka menjadi kasar saat mabuk. Tabungan mereka diambil dan dihabiskan untuk membeli miras," sebut Bhargava, seperti dilansir Daily Mail, Minggu 30 April 2017.

"Tidak ada niat untuk mendorong wanita melakukan kekerasan, karena tongkat kayu ini untuk mencegah kekerasan," sambung dia. 

Ia telah memerintahkan bawahannya untuk mendistribusikan hampir 10 ribu tongkat kayu ke wanita yang baru menikah. 

Banyak negara bagian di India melakukan sejumlah operasi terkait miras dalam beberapa tahun terakhir. Operasi dapat berbentuk larangan penjualan miras untuk mengurangi angka kekerasan. 

Tahun lalu, pemerintah Tamil Nadu bertekad melarang penjualan miras. Larangan tersebut didukung banyak wanita, yang menyalahkan alkohol sebagai penyebab utama kekerasan domestik dan seksual.


(WIL)