Rencana Paris Jadi Kota Bebas Polusi di 2017

Sonya Michaella    •    Rabu, 11 Jan 2017 17:29 WIB
paris hilton
Rencana Paris Jadi Kota Bebas Polusi di 2017
Kota Mode, Paris (Foto: ABC)

Metrotvnews.com, Paris: Kota Mode di dunia, Paris, segera bebas polusi secepatnya. Wali Kota Paris, Anne Hidalgo memiliki rencana untuk membuat titik-titik yang ramai dikunjungi wisatawan akan bebas polusi.

"Jalanan akan tetap dibuka untuk kendaraan milik petugas berwajib dan kesehatan, tapi tidak untuk semua orang," kata Hidalgo, seperti dikutip ABC, Rabu (11/1/2017).

Kawasan Rue de Rivoli akan menjadi kawasan percontohan bebas kendaraan bermotor. Sama seperti kawasan Fifth Avenue di New York, kawasan ini selalu dipadati oleh wisatawan yang mengunjungi sejumlah objek wisata di sana, seperti Museum Louvre, Taman Tuileries dan Marais. 

Rencananya, di sana akan dibangun jalur sepeda, agar masyarakat bisa mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. 

Sementara, di luar kawasan yang jarang dikunjungi wisatawan, Hidalgo juga berencana menjadikannya kawasan bebas kendaraan bermotor. Gantinya, ia akan mengajukan adanya trem sebagai angkutan masyarakat.

Namun, rencana ini ditentang masyarakat Prancis, terutama yang tinggal di Paris. Bahkan, warga membuat petisi untuk menolak pembangunan layanan trem.

Paris memang sedang berjuang mengatasi masalah polusi yang semakin buruk. Terhitung satu dekade terakhir, pemberitaan mengenai buruknya udara di sana telah membuat penurunan kunjungan wisatawan ke Paris.

Desember 2016 pun menjadi penutup tahun yang buruk bagi Paris karena dianggap kualitas udaranya paling buruk dan berbahaya untuk pernapasan.


(FJR)