Temuan Tengkorak Beruang Kutub Raksasa Buktikan Legenda Arktika?

Arpan Rahman    •    Minggu, 19 Mar 2017 16:35 WIB
satwaperistiwa unik
Temuan Tengkorak Beruang Kutub Raksasa Buktikan Legenda Arktika?
Tengkorak beruang kutub raksasa berusia 1.300 tahun ditemukan di Alaska. (Foto: Twitter/Archaeology Magazine)

Metrotvnews.com, Utqiagvik: Riwayat tentang 'raja' beruang kutub telah lama membayangi wilayah kutub utara. Sebuah penemuan sensasional mungkin membuktikan bahwa legenda itu benar-benar nyata.

Tulang tengkorak raksasa ditemukan di sebuah pantai di negara bagian Alaska, Amerika Serikat (AS). Tengkorak itu terlihat berasal dari seekor beruang kutub. Satu hal mengejutkan, ukurannya jauh lebih besar dari beruang kutub pada umumnya.

Legenda setempat menyebutkan adanya monster berukuran 3,6 meter -- beberapa meter lebih besar dari beruang kutub yang dikenal sekarang -- yang masih berkeliaran di kawasan beku Arktika.

Tampaknya tidak masuk akal, tetapi para ahli mengatakan tengkorak berusia 1.300 tahun itu bisa jadi nenek moyang dari spesies berung kutub yang kini masih hidup.

Dr Anne Jensen, yang timnya menjuluki penemuan mereka sebagai "The Old One", mengatakan tengkorak beruang kutub itu adalah terbesar keempat yang pernah ditemukan.

"Kami tidak tahu ukuran yang tepat (dari seluruh binatang ini), tapi kami tahu ini berupa beruang besar," katanya kepada situs Western Digs, seperti dikutip Daily Star, Minggu 19 Maret 2017.


Beruang kutub ukuran normal. (Foto: Getty)

"Ini berusia dewasa, dan tidak muda, karena semua saraf kranial tengkorak -- tempat di mana piringan tengkorak berpadu -- menyatu dan hampir tidak dapat dilihat."

"Perbedaan utama adalah morfologi tengkorak, bentuk tengkoraknya. Bagian belakang tengkorak ini terasa lebih tua dari tengkorak beruang lainnya," cetusnya.

Tengkorak itu ditemukan di bantaran yang terkikis setelah badai pada 2014, di sebuah situs arkeologi yang dikenal sebagai Walapka, hanya beberapa kilometer di selatan dari Utqiagvik.

Jensen mengatakan, para etnografer mencatat temuan terakhir beruang kutub raksasa kebanyakan dari kelompok Inuit (di utara Kanada dan bagian dari Greenland dan Alaska), dan belum pernah ada sebelumnya di sekitar Utqia?vik.

Meskipun demikian, Jensen meyakini secara "pasti" kemungkinan adanya lebih banyak jenis beruang kutub dengan ukuran serupa yang masih hidup di Arktika hingga saat ini.


(WIL)

Waspadai Infiltrasi Ideologi

Waspadai Infiltrasi Ideologi

3 hours Ago

Infiltrasi ideologi merupakan ancaman di balik cepatnya perkembangan teknologi. Namun pendekatan…

BERITA LAINNYA