Seragam Sekolah Pangeran George Habiskan Biaya Rp6 Juta

Sonya Michaella    •    Sabtu, 01 Apr 2017 20:04 WIB
peristiwa unik
Seragam Sekolah Pangeran George Habiskan Biaya Rp6 Juta
Pangeran George bersama ayahnya, Pangeran William (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, London: Tidak lama lagi putra sulung Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran George akan masuk sekolah. 
 
Pasangan kerajaan Inggris ini dikabarkan menghabiskan 368,40 poundsterling atau sekitar Rp6 juta hanya untuk seragam Pangeran George.
 
Sekolah Thomas's Battersea, sebuah prasekolah yang hanya butuh 20 menit perjalanan dari Istana Kensington ini, menjadi pilihan Pangeran William dan Kate Middleton menyekolahkan Pangeran George.
 
Sekolah Thomas's Battersea memiliki 540 murid dalam rentang usia 4-13 tahun. Nantinya Pangeran George akan ambil bagian dalam program seni sekolah seperti musik dan drama. Sekolah ini juga punya jurusan olah raga yang maju dan mendorong para murid untuk belajar di luar ruangan.
 
Dilansir US Weekly, Sabtu 1 April 2017, saat musim dingin murid laki-laki memerlukan jaket biru seharga 36 poundsterling atau sekitar Rp600 ribu, seragam 35 poundsterling atau sekitar Rp580 ribu dan pakaian bermuda biru.
 
Sementara, saat musim panas, sekolah tersebut menyediakan kemeja biru muda seharga 22 poundsterling atau sekitar Rp365 ribu, topi putih 6 poundsterling atau sekitar Rp100 ribu dan tiga pasang kaus kaki biru.
 
Di sekolah ini, murid laki-laki dapat mengubah jumper mereka menjadi kaus lengan pendek. Seragam beserta kelengkapannya ini tersedia di toko pakaian John Lewis, London.
 
Selain seragam, mereka juga harus mempersiapkan kelas seni dan sesi kerajinan tangan dengan baju khusus seharga 30 poundsterling atau sekitar Rp500 ribu. Untuk kelas balet dari Royal Academy of Dance, para murid juga menyiapkan sepatu dan kaus kaki balet dengan total 16 poundsterling atau sekitar Rp260 ribu.
 
Keseluruhan seragam Pangeran George ini ada 24 macam yang jika ditotal biaya pengeluaran mencapai 368,40 poundsterling atau sekitar Rp6,2 juta. Harga ini belum termasuk dengan adanya kemungkinan Pangeran William dan Kate menyiapkan cadangan seragam seperti jumper, kaos kaki, dan kaos sehingga dana pengeluaran untuk seragam akan bertambah besar lagi.
 
Dilaporkan dari Kementerian Pendidikan Inggris, rata-rata para orang tua menghabiskan 210 poundsterling atau sekitar Rp3,5 juta untuk seragam sekolah dasar. Artinya, pengeluaran seragam Pangeran George dua kali lipat lebih besar dari rata-rata.
 
Sebelumnya, Istana Kensington mengumumkan bahwa Pangeran George akan mulai bersekolah pada September 2017 mendatang. Hal ini sangat di luar tradisi kerajaan. Umumnya keluarga kerajaan Inggris mengirim anak-anak mereka ke Wetherby School di Nothing Hill.



(FJR)