Induk Singa Asuh Bayi Macan Tutul di Tanzania

Willy Haryono    •    Jumat, 14 Jul 2017 23:18 WIB
satwa
Induk Singa Asuh Bayi Macan Tutul di Tanzania
Biasanya singa betina memandang macan tutul sebagai saingan dalam rantai makanan. (Foto: JOOP VAN DER LINDE/NDUTU LODGE)

Metrotvnews.com, Dodoma: Serangkaian foto di internet memperlihatkan sebuah peristiwa langka, dimana untuk kali pertama seekor singa betina merawat anak macan tutul.

Keduanya tertangkap kamera milikoleh Joop Van Der Linde, seorang tamu di Ndutu Safari Lodge di Ngorongoro Conservation Area, Tanzania.

Sang induk, Nosikitok, yang berusia lima tahun terlihat penuh perhatian terhadap bayi macan tutul.
 
Singa betina ini dipasangi GPS milik Kope Lion, sebuah konservasi NGO. Tiga anak kandungnya lahir sekitar 27-28 Juni lalu.



Dr Luke Hunter, Presiden dan Ketua Petugas Konservasi untuk Panthera, sebuah organisasi konservasi kucing liar global yang mendukung Kope Lion, mengatakan kepada BBC bahwa peristiwa ini benar-benar unik.

"Ini bukan sesuatu yang saya sadari pernah terjadi sebelumnya antara kucing besar seperti ini," kata Hunter, seperti dikutip BBC pada Jumat 14 Juli 2017.

"Kami tahu ada kasus di mana singa betina akan mengadopsi anak singa lainnya, tapi ini berbeda," lanjut dia,

"Tidak ada kasus lain - dalam hal ini di antara kucing besar manapun - dimana spesies tersebut telah mengadopsi atau merawat anak dari spesies lain," ungkap Hunter.

Kebanyakan singa betina akan membunuh bayi macan tutul di alam liar. Pasalnya, mereka melihat macan tutul sebagai predator lain dalam rantai makanan kompetitif.

Belum jelas dimana ibu dari bayi macan tutul itu, atau apakah Nosikitok akan terus mengadopsinya hingga dewasa. (Lidya Suzana)




(WIL)