Manusia Tertua di Dunia, Meninggal di Usia 117 Tahun

Arpan Rahman    •    Sabtu, 16 Sep 2017 15:25 WIB
peristiwa unik
Manusia Tertua di Dunia, Meninggal di Usia 117 Tahun
Manusia tertua di dunia Violet Brown meninggal di usia 117 tahun (Foto: Twitter/Daily Star).

Metrotvnews.com, Kingston: Orang tertua di dunia Violet Brown telah meninggal dengan tenang di rumahnya pada usia 117 tahun.
 
Brown lahir pada 10 Maret 1900 di Jamaika. Ia kabarnya dibesarkan hanya beberapa kilometer dari kampung halaman sesama penduduk pulau itu yang kemudian terkenal, atlet juara dunia lari 100 meter: Usain Bolt.
 
Dia adalah manusia berumur di atas 100 tahun yang terverifikasi pertama dari Jamaika dan memegang rekor sebagai orang tertua dari negara itu yang pernah ada.
 
Dia juga merupakan saksi hidup terakhir dari zaman Ratu Victoria, sebab lahir hanya satu tahun sebelum ratu tersebut mangkat saat Jamaika masih menjadi bagian dari Kerajaan Inggris.
 
Andrew Holness, Perdana Menteri Jamaika, mencuit, tadi malam: "Orang tertua kita di dunia Nyonya Violet Mosse-Brown telah meninggal dunia."
 
"Dia berumur 117 tahun. RIP, Istirahatlah dalam Damai, Nyonya Mosse-Brown," tulisnya di Twitter, seperti dikutip Daily Star, Sabtu 16 September 2017.  
 
Brown dicatat oleh Guinness Book of Records tahun ini, dimahkotai sebagai manusia tertua dunia. Di saat penganugerahan itu, putranya Harold Fairweather, yang berusia 96 tahun, mengungkapkan salah satu hal yang mungkin membuatnya tetap hidup begitu lama -- dua jenis daging yang tidak dia makan.
 
Berbicara tentang diet ibunya, Fairweather berkata: "Dia menyukai ikan dan daging kambing dan terkadang dia menyantap kaki sapi."
 
"Tapi dia tidak makan daging babi atau ayam," cetusnya.
 
Brown juga mengungkapkan tahun lalu bahwa ia menyukai ubi jalar dan buah, seperti jeruk dan mangga. Dalam sebuah wawancara tahun lalu, dia berkata: "Saya hidup dengan berkat Tuhan dan saya bangga dengan usiaku!"
 
Manusia tertua terakhir di dunia adalah Emma Morano, yang juga meninggal dunia saat berusia 117 tahun.
 
Mendiang Brown pernah mengatakan bahwa kunci untuk menjalani hidup yang panjang adalah makan tiga telur sehari, satu matang dan dua yang mentah.



(FJR)