Kapal Hantu asal Korut Ditemukan Terdampar di Pantai Jepang

Sonya Michaella    •    Selasa, 28 Nov 2017 15:56 WIB
peristiwa unik
Kapal Hantu asal Korut Ditemukan Terdampar di Pantai Jepang
Wujud 'kapal hantu Korut' yang terdampar di Pantai Jepang. (Foto: Sky News)

Tokyo: Delapan jasad sudah membusuk yang diduga warga Korea Utara (Korut) kembali ditemukan di Pantai Jepang, pekan ini. Tak hanya itu, kapal kayu kecil yang kini dijuluki 'kapal hantu' pun ditemukan.

Kapal tersebut ditemukan oleh penjaga pantai pada dini hari tadi, hanya berselang satu hari dari dua jasad ditemukan di Pulau Sado, Laut Jepang.

Dikutip dari Japan Times, Selasa 28 November 2017, polisi dan penjaga pantai setempat percaya bahwa jasad-jasad ini berasal dari Korut, yang berjarak 450 mil dari pantai.

Ditemukan pula bungkus rokok dan jaket pelampung dengan tulisan Korea di dalam kapal hantu ini.

Profesor Yoshihiko Yamada dari Universitas Tokai Jepang mengatakan, kemungkinan besar kapal tersebut berasal dari Korut.

"Selama musim panas, Laut Jepang cukup tenang. Tapi mulai berombak ketika November dan akan berbahaya saat angin barat laut mulai bertiup," kata dia.

Pakar lain mengatakan bahwa terdamparnya para warga Korut tersebut disebabkan kekurangan pangan di Pyongyang. Maka, mereka berusaha untuk mencari makanan di laut.

Tahun ini pun sudah ditemukan 44 kapal kayu terdampar di pantai Jepang yang diyakini berasal dari Korut. Jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu di mana ditemukan 66 kapal.

Kapal yang terdampar pun seringkali ditemukan kosong tanpa awak atau awak yang ada sudah tewas dan membusuk. Oleh karena itu, penjaga pantai Jepang seringkali menyebut kapal-kapal yang terdampar ini sebagai kapal hantu. 



(WIL)