Mangkuk Keramik Sederhana asal Tiongkok Terjual Rp512 Miliar

Arpan Rahman    •    Selasa, 03 Oct 2017 19:58 WIB
peristiwa unik
Mangkuk Keramik Sederhana asal Tiongkok Terjual Rp512 Miliar
Mangkuk hijau sederhana dari Dinasti Song telah lama diburu para kolektor. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Hong Kong: Sebuah mangkuk keramik berusia 1.000 tahun dari Dinasti Song terjual seharga USD37,7 juta atau setara Rp512 miliar AS di Hong Kong, Selasa 3 Oktober 2017. Menurut keterangan rumah lelang Sotheby's, angka penjualan itu memecahkan rekor dalam kategori keramik asal Tiongkok.

Mangkuk kecil -- berasal dari tahun 960-1127 -- memecahkan rekor sebelumnya USD36,05 juta untuk sebuah cangkir anggur Dinasti Ming yang dibeli seorang konglomerat Shanghai pada 2014.

Pembeli keramik seharga Rp512 miliar itu ingin identitasnya tetap anonim. Sotheby's menolak mengatakan apakah pembeli tersebut berasal dari Tiongkok atau bukan.

"Ini adalah tolak ukur yang sama sekali baru untuk keramik Tiongkok, dan kami telah membuat sejarah dengan penjualan hari ini," Nicolas Chow, wakil ketua Sotheby's Asia, mengatakan kepada wartawan seperti dikutip AFP, Selasa 3 Oktober 2017.

Penawaran untuk mangkuk keramik itu dibuka di angka sekitar USS10,2 juta. Lelang berlangsung penuh ketegangan selama sekitar 20 menit. Sejumlah orang menawar silih berganti, antara yang ada langsung di ruang lelang atau via telepon.

Lelang akhirnya dimenangkan seseorang yang menggunakan saluran telepon. Acara diakhiri dengan tepuk tangan meriah staf dan para peserta.

Dirancang awal untuk mencuci kuas, mangkuk sederhana ini adalah contoh porselen Tiongkok yang sangat langka dari Dinasti Song. Satu dari total empat set keramik tersebut berada di tangan swasta.

Dengan diameter 13 sentimeter, mangkuk tersebut ini memiliki warna biru mengkilap dan bercahaya.

Piala Ayam

Angka fantastis penjualan mangkuk itu melampaui rekor sebelumnya: cangkir keramik kecil bernama "Piala Ayam." Dihiasi lukisan seekor ayam jantan dan betina yang merawat anak-anak mereka, cangkir itu dibuat pada masa pemerintahan Kaisar Chenghua antara tahun 1465 dan 1487.

Cangkir itu terjual pada 2014 kepada supir taksi yang alih profesi menjadi pemodal, Liu Yiqian. Ia merupakan salah satu orang terkaya di Tiongkok. Liu menjelajahi dunia demi memburu karya seni dan barang antik.

Sejumlah dinasti Tiongkok terkenal karena koleksi keramiknya. Periode Song dianggap banyak pihak telah menghasilkan beberapa contoh keramin terbaik di kawasan.

Keramik Song sangat terkenal karena kehalusan, kesederhanaan, dan warna mengkilapnya yang indah. Keramik jenis ini telah lama menjadi objek paling dicari para kolektor dunia.


(WIL)