Hindari Utang Rp49,4 M, Seorang Perempuan Lakukan Operasi Plastik

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 29 Jul 2017 18:15 WIB
peristiwa unik
Hindari Utang Rp49,4 M, Seorang Perempuan Lakukan Operasi Plastik
Ilustrasi: The Star.

Metrotvnews.com, Shanghai: Utang membuat seorang perempuan di Shanghai, Tiongkok berbuat nekat. Demi menghindari penagih, perempuan itu pun melakukan operasi plastik.
 
Zhu Najuan diketahui terbelit utang sebesar 25 juta Yuan atau sekitar Rp49,4 miliar. Pihak berwenang yang mendapatkan laporan mengenai kasus ini, berupaya menangkap perempuan berusia 59 tahun itu.
 
Ketika mendapatkan laporan keberadaannya, polisi pun langsung memburu dan berhasil menangkap Zhu. Polisi pun terkejut bahwa perempuan yang lari ke Kota Shenzhen ini telah melakukan operasi plastik.
 
"Kami sangat terkejut dengan temuan yang ada di lokasi," ujar seorang petugas polisi, seperti dikutip Xinhua, Sabtu 29 Juli 2017.
 
"Wajahnya tampak seperti perempuan berusia 30 tahun dan berbeda dari foto yang kami miliki selama ini," imbuh petugas polisi tersebut.
 
Selain melakukan operasi plastik, Zhu juga mengaku menggunakan kartu identitas warga lain untuk bepergian di Tiongkok dengan kereta. Dia bahkan membayar biaya operasi plastik dengan menggunakan kartu ATM pinjaman.
 
Pencarian terhadap Zhu dilakukan setelah Pengadilan wilayah Wuhan memerintahkan dirinya untuk membayar seluruh utangnya.
 
Terkuaknya kasus Zhu merupakan buah upaya dari pihak berwenang Tiongkok membentuk sistem kredit yang lebih mumpuni. Hal ini bisa mengeksplor cara baru melacak mereka yang tidak membayar utang.
 
Kota Wuhan sendiri sudah melancarkan operasi besar-besaran terhadap pelaku penggelapan utang. Total 186 orang ditangkap dalam semester pertama 2017.



(FJR)