Nenek Berusia 86 Tahun Diringkus Polisi Mencuri Permata

Fajar Nugraha    •    Rabu, 19 Jul 2017 21:20 WIB
peristiwa unik
Nenek Berusia 86 Tahun Diringkus Polisi Mencuri Permata
Ilustrasi Metrotvnews.com

?Metrotvnews.com, Georgia: Seorang pencuri  permata yang memulai kejahatannya tahun 1950, yang kini berusia 86 tahun kembali ditangkap atas dakwaan kasus pencurian. 
 
Doris Payne di tangkap di toko Walmart di daerah Chamblee di Georgia, Amerika Serikat (AS) dengan barang senilai USD86,22 atau setara dengan Rp1,2 juta. Namun dengan uang jaminan, nenek tersebut Kini telah dibebaskan. 
 
"Dia ditemukan dengan sebuah alat pelacak GPS di pergelangan kakinya akibat penangkapan sebelumnya, yang juga disebabkan karena mengutil," sebut pihak kepolisian, seperti dikutip BBC, Rabu 19 Juli 2017. 
 
Payne telah beberapa kali menjalani hukuman, termasuk dalam upayanya untuk mengambil permata senilai USD2 miliar atau setara dengan Rp28 triliun. Bahkan profilnya telah diabadikan dalam sebuah film dokumenter pada tahun 2013. 
 
Seorang pegawai toko mengamati dia mencuri beberapa barang dari departemen farmasi, elektronika dan bahan pangan. 
 
Pengacaranya, Drew Findling, menyatakan: "ini sangat berebeda dengan kasus pencurain sebelumnya yang senilai dengan permata." 
 
"Kita berbicara mengenai seseorang nenek berusia 86 tahun yang harus bertahan hidup dari hari ke hari, melalui pemenuhan kebutuhan makanan maupun kesehatan," sebut Findling.
 
Baru-baru ini dirinya mengaku bersalah telah mencuri kalung berlian senilai USD2.000 atau setara dengan Rp28 juta di sebuah pusat perbelanjaan di pinggiran kota Atlanta. Dia kemudian dijatuhi hukuman tahanan rumah dan dilarang berbelanja di daerah kota.
 
Pejabat mengungkapkan bahwa dia telah memakai 22 nama alias sejak pencurian pertama di umur 23 tahun kala itu. The Jewelers' Security Alliance, sebuah kelompok industri perdagangan, mengirim buletin peringatan mengenai sosoknya sejak tahun 1970an. 
 
Ketika menjadi tahanan pada tahun 2005 dalam sebuah wawancara dengan Associated Press, Payne menyatakan itu bukan tentang uang: "saya menyesal." (Ratu Tiara Sari)



(FJR)