Bocah Tewas Usai Tanding Muay Thai

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 14 Nov 2018 20:07 WIB
peristiwa unik
Bocah Tewas Usai Tanding Muay Thai
Ilustrasi oleh Medcom.id

Bangkok: Kematian bocah 13 tahun usai tanding Muay Thai memicu perdebatan. Anucha Tasako tewas usai pertandingan pada Sabtu lalu di Bangkok.

Laman Facebook Muay Thai Krobwongjorn mengatakan bocah laki-laki itu tewas karena pendarahan otak. Diduga luka yang dideritanya karena tidak memakai alat pelindung.

Pengacara beberapa kamp pelatihan Muay Thai, Sukrit Parekrithawet, mengatakan insiden ini baru pertama kali terjadi di dunia olahraga khas Negeri Gajah Putih tersebut. "Ini belum pernah terjadi sebelumnya," katanya dilansir dari ABC News, Rabu, 14 November 2018.

Menurut dia, faktor usia yang masih muda bukan penyebab kematian Anucha. "Wasit tidak cukup cepat menghentikan pertarungan. Lagipula, saat pertandingan terjadi tak ada dokter yang bersiaga," imbuh dia.

Stasiun televisi ThaiPBS melaporkan Anucha telah bertanding lebih dari 170 kali sejak ia mulai Muay Thai pada usia 8 tahun. Saat ini, bocah tersebut berjuang di kelas berat di bawah 41 kilogram.

Pertandingan Muay Thai anak tersebar luas di Thailand, terutama di daerah pedesaan. Olahraga ini membantu para keluarga keluar dari kemiskinan.

Meski demikian, penelitian Universitas Mahidol Thailand melaporkan membiarkan anak-anak di bawah 15 tahun ke ring dapat menyebabkan berbagai jenis kerusakan otak. Sementara itu, politisi Thailand tengah mempertimbangkan Undang-undang yang melarang anak-anak dengan usia kurang dari 12 tahun untuk bertanding. UU ini diusulkan bulan lalu dan telah diteruskan ke Kementerian Pariwisata dan Olahraga. 


(FJR)