Astronot Wanita Tertua Mengorbit ke Angkasa

Whisnu Mardiansyah    •    Minggu, 20 Nov 2016 03:36 WIB
nasa
Astronot Wanita Tertua Mengorbit ke Angkasa
Pengunjung berfoto di sebuah museum luar angkasa di Washington, AS. ALEX WONG/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP

Metrotvnews,com, Amerika Serikat: Peggy Whitson, 56, menjadi astronot wanita tertua dari NASA yang mengorbit setelah meluncur ke stasiun antariksa internasional pada Kamis, 17 November  kemarin. Dia lepas landas bersama kru lainnya dari stasiun peluncuran ruang angkasa milik Rusia di Kazakhstan.

Whitson ditemani dua astronot pria: Oleg Novitskiy, 45, warga negara Rusia dan pendatang baru dari Prancis Thomas Pesquet, 38. Mereka mengendarai roket Soyuz dengan kosmonot Rusia. Tim ini akan melakukan perjalanan ke orbit selama dua hari, sebelum berlabuh ke stasiun antariksa internasional.

Sejatinya Whitson baru akan merayakan ulang tahunnya ke-57 pada Februari mendatang. Ia bukanlah manusia tertua tertua yang mengorbit ke luar angkasa. 

Sebelumnya ada astronot pria berusia 77 tahun bernama John Glenn. Namun, sebagai seorang wanita, ia mengalahkan wanita tertua sebelumnya, Barbara Morgan yang pergi ke ruang angkasa pada usia 55 tahun.

Ini adalah misi stasiun ruang angkasa ketiga untuk Whitson dan kedua kalinya sebagai komandan. Whitson juga menjadi wanita pertama sebagai komandan korps astronot NASA. Sebelumnya, tidak ada wanita lain yang menghabiskan banyak waktu di ruang angkasa. 

"Saya suka bekerja di NASA,  paling memuaskan pada hari ke hari, jam ke jam, menit ke menit, telah bekerja di papan stasiun ruang angkasa," kata wanita kelahiran Lowa, Amerika Serikat itu, seperti dilansir Daily Mail, Sabtu (19/11/2016).

Dia sudah menghabiskan 377 hari di luar angkasa dan melakukan beberapa misinya. Misi enam bulan di orbit kali ini akan melampaui rekor 534 hari di ruang angkasa milik  astronot berusia 58 tahun, Jeffrey Williams.




(OGI)