Jenderal Iran Tuding Israel Curi Hujan dari Negaranya

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 05 Jul 2018 13:15 WIB
kekeringankemarau dan kekeringan
Jenderal Iran Tuding Israel Curi Hujan dari Negaranya
Jenderal Gholam sebut Israel curi hujan dari Iran. (Foto: Youtube).

Teheran: Komandan Garda Revolusi Iran Brigadir Jenderal Gholam Ridha Jalali menuding Israel mencuri hujan dari negaranya. Pasalnya, Teheran saat ini tengah kekurangan air.

"Perubahan iklim adalah dampak negatif akibat pengaruh asing yang tidak wajar," katanya, dikutip dari laman The Independent, Kamis 5 Juli 2018.

Israel dan negara lain, menurut Gholam, bekerja sama untuk mengekstrak kelembaban dari sistem cuaca saat mereka bergerak melintasi Mediterania. "Hal ini menyebabkan awan di wilayah kita tandus dengan mencuri hujan di wilayah kita," imbuh dia.

Buktinya, ucap dia, seluruh pegunungan dengan tinggi lebih dari 2.200 meter antara Afghanistan dan Mediterania diselimuti salju. Namun, hal tersebut tidak terjadi dengan gunung-gunung di Iran.

Jalali tidak menjabarkan bagaimana caranya Israel mencuri awan dari Iran. Bahkan kepala badan meteorologi Iran, Ahad Vazife, pun bingung dibuatnya.

Vazife mengatakan mencuri hujan tidak mungkin dilakukan. "Mungkin dia (Jalali) punya dokumen yang kami tidak tahu, tapi berdasarkan pengetahuan meteorologi, tidak mungkin sebuah negara mencuri awan atau salju," kata Vazife seperti dikutip media Iran, ISNA.

Dia menjelaskan kekeringan yang terjadi di Iran adalah tren yang dialami negara di seluruh dunia akibat pemanasan global. Vazife menambahkan, tren ini tidak hanya terjadi di Iran.


(WAH)


Jet Tempur AS Jatuh di Jepang, Pilot Berhasil Diselamatkan

Jet Tempur AS Jatuh di Jepang, Pilot Berhasil Diselamatkan

14 hours Ago

Sebuah jet tempur Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) jatuh di laut lepas dari pulau Okinawa di…

BERITA LAINNYA