Spesies Baru Ditemukan di Amazon Setiap Dua Hari Sekali

Willy Haryono    •    Kamis, 31 Aug 2017 20:10 WIB
satwa
Spesies Baru Ditemukan di Amazon Setiap Dua Hari Sekali
Lumba-lumba merah muda ditemukan din sungai Amazon. (Foto: Gabriel Melo-Santos)

Metrotvnews.com, Brasilia: Sebuah spesies baru hewan ditemukan di Amazon setiap dua hari sekali, mulai dari monyet ekor api, kadal kumis kuning hingga lumba-lumba merah muda, menurut sebuah laporan terbaru.

Grup konservasi WWF, yang menuliskan laporan bersama Institut Mamiraua asal Brasil, mengatakan bahwa angka rata-rata ini menunjukkan bahwa para ilmuwan baru mengetahui sedikit mengenai ragam "spesies luar biasa" di Amazon. 

Namun "deforestasi masif" di Amazon berisiko membuat sejumlah spesies baru hewan dan tanaman unah sebelum sempat ditemukan. WWF mendesak sejumlah negara di Amerika Latin untuk mengambil tindakna tegas. 

Laporan WWF menunjukkan total 381 spesies baru ditemukan pada 2014 dan 2015, termasuk 216 tanaman, 93 ikan, 32 amfibi, 20 mamalia, 19 reptil dan satu burung. 

Sarah Hutchison, kepala WWF program Brasil dan Amazon, mengatakan: "Kami baru mengungkap ujung dari gunung es dalam penemukan beragam spesies luar biasa di Amazon. Namun anehnya, saat seharusnya area berharga ini dilindungi, Amazon justru berada dalam ancaman besar."

"Ada risiko nyata saat Amazon terus berubah (karena deforestasi), banyak spesies akan punah sebelum dapat kami temukan," lanjut dia, seperti dikutip Independent.co.uk, Kamis 31 Agustus 2017.

"Penemuan 381 spesies baru adalah peringatan bagi negara-negara tempat Amazon berada bahwa mereka harus menghentikan deforestasi dan melestarikan area tersebut," tegas Hutchison. 

Dia juga berharap dengan laporan WWF, para peneliti di seluruh dunia dapat lebih "terinspirasi."

Hampir satu per tiga dari semua hutan hujan tropis di Bumi berada di Amazon. Meski luasnya hanya satu persen dari keseluruhan daratan di planet ini, diestimasi Amazon adalah rumah dari 10 persen seluruh spesies Bumi.


(WIL)