Livestreaming

Pedang Viking Berusia 1.000 Tahun Ditemukan di Islandia

Willy Haryono    •    Rabu, 07 Sep 2016 14:18 WIB
peristiwa unik
Pedang Viking Berusia 1.000 Tahun Ditemukan di Islandia
Pedang kuno bangsa Viking diserahkan ke Agensi Warisan Budaya Islandia, 5 September 2016. (Foto: MBL.IS/HALLUR MAR HALLSSON)

Metrotvnews.com, Skaftarhreppur: Sekelompok pemburu unggas mendapatkan sesuatu tak terduga dalam perburuan di Islandia. Mereka tidak menangkap satu unggas pun, namun menemukan sebuah pedang bangsa Viking yang diperkirakan berusia lebih dari 1.000 tahun. 

Menurut berita di situs Visir, seperti dikutip BBC, Selasa (6/9/2016), lima pemburu unggas menemukan pedang itu Skaftarhreppur, Islandia bagian selatan. Mereka menduga pedang itu muncul setelah terbawa gelombang banjir. 

Salah satu pemburu, Arni Bjorn Valdimarsson, mengunggah foto pedang itu di akun Facebook. Agensi Warisan Budaya Islandia pun langsung menghubungi dirinya, dan menerima pedang itu pada Senin 5 kemarin. 

Kepala agensi Kristin Huld Sigurdardottir mengatakan hanya ada 20 pedang di era ini yang sudah ditemukan sebelumnya di Islandia. 

"Pedang itu tergeletak begitu saja di tanah, tinggal menunggu ada yang memungutnya," ujar pemburu lainnya, Runar Stanley Sighvatsson kepada Iceland Monitor. 


Pedang kuno bangsa Viking. (Foto: Arni Bjorn)

Diduga pedang itu berasal dari Abad ke-10 yang biasa digunakan untuk ditancapkan di sebuah makam. 

Lokasi pasti penemuan pedang itu belum diumumkan, karena otoritas Islandia masih ingin mencari apakah ada artefak lainnya di area tersebut.


(WIL)

Debat Perdana Capres AS Pecahkan Rekor Jumlah Penonton
Debat Capres AS 2016

Debat Perdana Capres AS Pecahkan Rekor Jumlah Penonton

3 hours Ago

Jumlah tersebut mengalahkan rekor debat capres Ronald Reagan dengan Jimmy Carter pada 1980. 

BERITA LAINNYA