Kesepian, Warga Hong Kong Hobi Tidur di McDonalds

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 06 Aug 2018 19:08 WIB
hong kong
Kesepian, Warga Hong Kong Hobi Tidur di McDonalds
Warga Hong Kong hobi tidur di McDonalds. (Foto: CNN).

Hong Kong: Dalam lima tahun terakhir, jumlah warga Hong Kong yang sering tidur di gerai makanan cepat saji McDonalds (McD). meningkat. Angkanya bahkan meningkat hingga enam kali lipat.

Studi yang dilakukan Junior Chamber International (JCI) Tai Ping Shan mengatakan ada sekitar 334 orang yang tidur di gerai makanan cepat saji tersebut selama Juni dan Juli. Angka ini meningkat signifikan dibanding penelitian serupa pada 2013.

"Tujuan penelitian ini awalnya untuk memberikan layanan (pada orang tidur) namun kami menemukan tidak ada gambaran spesifik mengenai situasi McRefugee di Hong Kong," tukas ketua penelitian Jennifer Hung, dilansir dari CNN, Senin 6 Agustus 2018.

Mereka mengatakan tidak adanya statistik mengenai banyaknya orang yang tidur di McD oleh pemerintah mendorong JCI untuk melakukan penelitian tersebut.

Para peneliti mengunjungi 110 gerai McD 24 jam di Hong Kong dan mendapati tidak semua orang tidur semalaman selama menjadi tunawisma. Lebih dari 70 persen responden mengatakan mereka sebenarnya memiliki tempat lain untuk tidur, seperti flat, rumah atau unit lainnya.

"Mereka punya tempat tidur, namun mereka tidak pulang ke rumah," tutur Hung.

Salah satu alasan utamanya adalah banyak orang itu ketakutan menghadapi tantangan ekonomi. "Jika mereka tidur di rumah, mereka akan membayar tagihan listrik dan biaya sewa tinggi," ujarnya.

Faktor lainnya, termasuk keluarga atau konflik pribadi. Namun, beberapa dari mereka menghindari rumah mereka ketika tidak ada konflik, karena kesepian.

"Beberapa yang kami wawancarai tidak miskin secara ekonomi, namun jiwa mereka yang miskin, hidup mereka," pungkasnya.

Mobilitas yang tinggi di Hong Kong diduga menjadi penyebab utama. 

"Dengan penelitian ini kami ingin mendorong warga Hong Kong untuk peduli dengan orang-orang di sekitar mereka," pungkas Hung.


(WIL)