Botol Berisi Pesan Tertua Ditemukan di Pantai Australia

Willy Haryono    •    Selasa, 06 Mar 2018 15:28 WIB
peristiwa unik
Botol Berisi Pesan Tertua Ditemukan di Pantai Australia
Botol kaca berisi pesan tertua ditemukan di Australia. (Foto: Kym Illman.com)

Canberra: Botol kaca berisi pesan tertua di dunia ditemukan pasangan suami istri di sebuah pantai di Australia Barat. Mereka sempat berpikir botol unik itu mungkin terlihat bagus jika dipajang di rumah.

Tonya Illman menemukan botol dengan kertas berisi pesan berusia 132 tahun itu di gundukan pasir dekat Pulau Wedge. Suaminya, Kym Illman, mengatakan kepada Guardian Australia bahwa Tonya sempat mengira yang ditemukannya itu sampah. 

Saat botol dibuka, di dalamnya ada sepucuk kertas yang bertuliskan bahasa Jerman dengan catatan tanggal 12 Juni 1886. Kertas berisi pesan ini telah dikonfirmasi oleh Museum Australia Barat. 

"Ini benar-benar sebuah kebetulan murni. Mungkin hal ini tidak akan pernah terjadi lagi," kata Kym, seperti dilansir Guardian, Selasa 6 Maret 2018. 

Menurut Ross Anderson, seorang asisten kurator dari Museum Australia Barat, botol itu ditelmparkan dari sebuah kapal Jerman bernama Paula pada 1886 saat mengarungi Samudera Hindia, sekitar 950 kilometer dari pesisir Negeri Kanguru. 

Pada zaman itu, sejumlah kapal Jerman melakukan eksperimen yang meliputi pelemparan ribuan botol kaca untuk melacak gelombang lautan.

Tiap-tiap pesan ditandai dengan koordinat lokasi, tanggal dan nama kapal. Data-data ini digunakan Anderson untuk memverifikasi temuan terbaru.

Hasil pemeriksaan Anderson dikonfirmasi tim pakar dari German Naval Observatory. Rekor tertua sebuah pesan dalam botol kaca sebelumnya adalah 108 tahun.

Dari ribuan botol kaca yang dilemparkan dari kapal Jerman, 662 telah ditemukan. Penemuan sebelumnya terjadi di tahun 1934.


(WIL)