Pertama Sejak 30 Tahun, Hiu Besar Terlihat di Perairan Spanyol

Arpan Rahman    •    Sabtu, 30 Jun 2018 19:09 WIB
satwaikan hiu
Pertama Sejak 30 Tahun, Hiu Besar Terlihat di Perairan Spanyol
Seekor ikan hiu besar Great White Shark terlihat di perairan Spanyol. (Foto: ALNITAK)

Majorca: Seekor ikan hiu putih besar (great white shark) terlihat di perairan Spanyol untuk kali pertama dalam 30 tahun terakhir.

Predator sepanjang lima meter itu terlihat di taman nasional kepulauan Cabrera, selatan Majorca di Kepulauan Balearic pada Kamis 28 Juni. Kehadirannya dipantau selama 70 menit oleh sebuah tim dari Alnitak, proyek konservasi Spanyol.

Seorang wanita Inggris, Georgina Stevens, termasuk di antara 10 awak dari lima negara berbeda yang mendokumentasikan perjalanan ikan itu.

Kelompok ini menerbitkan foto "penampakan bersejarah," dan menjanjikan lebih banyak cuplikan dan gambar di masa mendatang.

"Sungguh pemandangan yang indah!" bunyi keterangan foto dari grup itu di Instagram. "Hiu adalah bagian penting dari ekosistem laut yang sehat."

"Selama bertahun-tahun telah ada rumor penampakan yang belum dikonfirmasi," cetusnya, seperti disitir dari Sky News, Sabtu 30 Juni 2018.

"Tetapi ini adalah konfirmasi ilmiah pertama tentang keberadaan Carcharodon (nama ilmiah hiu putih besar) di perairan Spanyol selama paling tidak 30 tahun," ungkap grup tersebut.

Serangan terakhir hiu yang dikonfirmasi di Spanyol terjadi di dekat Gran Canaria, di Kepulauan Canary. Menurut Global Shark Attack File (GSAF), seorang bocah 13 tahun mengalami pendarahan di bagian kaki, namun berhasil melarikan diri dalam kondisi hidup.

Sementara di Inggris, serangan terakhir dikonfirmasi pada 2008. GSAF mencatat serangan tersebut sebagai "insiden yang diprovokasi," mengindikasikan korban melakukan aksi tertentu yang mengundang hiu untuk menyerang.


(WIL)