Mumi Diduga Shah Iran Ditemukan tak Jauh dari Teheran

Sonya Michaella    •    Rabu, 25 Apr 2018 19:09 WIB
peristiwa unik
Mumi Diduga Shah Iran Ditemukan tak Jauh dari Teheran
Mumi yang diduga sebagai Shah Iran (Foto: Tasnim News).

Teheran: Penemuan mumi kembali menggegerkan dunia. Kali ini terjadi di Iran di mana mumi ini diyakini sebagai jasad Reza Shah, pemimpin besar monarki Iran pada awal abad ke-20.
 
Mumi ini ditemukan di dekat kuil Shah Abdol-Azim, yang terletak tidak jauh dari bekas kompleks makam kerajaan di selatan Teheran.
 
Namun, kantor berita pemerintah Iran, IRNA, menolak klaim bahwa mumi tersebut merupakan jasad Reza Shah.
 
Dilansir dari CBS, Rabu 25 April 2018, beberapa pihak menduga alasan penolakan pengakuan tersebut dipicu oleh ketakutan pemerintah terhadap nostalgia kerajaan masa lalu.
 
Kompleks makam kerajaan dihancurkan pasca Revolusi Islam yang menggulingkan dinasi Pahlevi pada 1979. Saat itu, seorang ulama ekstremis menaiki menara kompleks dan menghancurkannya dengan dibantu sejumlah massa.
 
Disebut-sebut, Reza Shah tertimbun reruntuhan dari bangunan tersebut. Namun, jasadnya tidak pernah ditemukan hingga adanya klaim mumi Reza Shah baru-baru ini.
 
Kendati belum jelas apakah mumi itu benar Reza Shah, namun lokasi penemuan cukup tepat dan adanya kemiripan mumi dengan rupa Reza Shah di foto.
 
Reza Shah dianggap sebagai sosok yang berjasa dalam mengawal Iran memasuki era modern. Ia adalah sosok yang mengembangkan konstruksi kereta api dan sistem pendidikan di Iran.
 
Ia juga pernah menerapkan aturan yang cukup kontroversial yakni melarang pemakaian paksa cadar kepada para wanita Islam, yang langsung ditentang keras oleh kalangan konservatif.


(FJR)