Penelitian Unik Melihat Kebiasaan Lebah

Arpan Rahman    •    Jumat, 06 Jan 2017 20:14 WIB
peristiwa unik
Penelitian Unik Melihat Kebiasaan Lebah
Lebah yang berada di bunga (Foto: UPI)

Metrotvnews.com, Missouri: Penelitian baru menunjukkan spesies lebah asli Missouri menyiasati pola reproduksi dari bunga liar berbentuk tertentu -- seperti perubahan pola dari daun atau kelopak bunga -- di hutan dingin.
 
Peter Bernhardt, profesor biologi di Saint Louis University, menemukan perbedaan antara rasio bentuk khas bunga violet biru, Viola Pedata, di habitat Missouri yang berbeda. Penelitiannya menunjukkan perbedaan tersebut adalah hasil dari preferensi lebah lokal.
 
Dalam kondisi berlebihan, lebah Carlin, Andrena carlinii, memilih perubahan satu warna menjadi dua warna. Versi sewarna memiliki lima kelopak cahaya violet-ungu muda, sedangkan bentuk dua warna dihiasi dua kelopak berwarna ungu gelap di atasnya.
 
Di padang terbuka yang cerah, Bernhardt dan mitra penelitinya menemukan rasio 40 berbanding satu, dari satu warna menjadi dua. Tapi populasi violet di bagian hutan yang rindang menampilkan lebih banyak bercak.
 
Bernhardt membuat hipotesis, lebah mengisap bunga dua warna di hutan karena menawarkan lebah kehangatan pada hari-hari musim semi yang sejuk di saat matahari menyinari hutan dan memanaskan kelopak yang berwarna lebih gelap. Dia dan para peneliti di bidang yang sama mengamati lebah selalu makan dengan posisi terbalik, sehingga bagian belakangnya akan dihangatkan oleh pijakan di atasnya.
 
Ternyata benar, termokopel (perangkat termoelektrik untuk mengukur suhu) dan penelitian melalui jaringan suntik mengungkapkan kelopak gelap menjadi lebih hangat 5,4 derajat Fahrenheit daripada udara di sekitarnya ketika ditimpa sinar matahari yang terpancar menembus kanopi hutan. Di tempat terbuka dalam hutan yang cerah, kehangatan berlimpah, walau jarang tersedia dan dimanfaatkan.
 
"Ingat bagaimana Anda diberitahu bahwa mantel gelap membuat Anda sedikit lebih hangat di hari yang dingin tapi cerah?" kata Bernhardt dalam sebuah rilis berita seperti dikutip UPI, Kamis (5/1/2017). 
 
"Beberapa tanaman mekar di lingkungan yang dingin memiliki belang ungu atau hampir hitam gelap pada bagian bunganya untuk menjaga diri dari serangga berdarah dingin membakar kehangatan dengan penyerbukan," imbuhnya.
 
Bernhardt dan rekan-rekannya merinci penyelidikan mereka tentang hubungan lebah dan bunga violet yang unik dalam Journal of Pollination Ecology.



(FJR)