Nikahi 11 Pria, Wanita di Somalia Tewas Dirajam

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 11 May 2018 19:11 WIB
somalia
Nikahi 11 Pria, Wanita di Somalia Tewas Dirajam
Wanita Somalia. (Foto: AFP).

Mogadishu: Seorang wanita di Somalia dirajam hingga tewas usai Pengadilan Hukum Islam menjatuhkan hukuman pada wanita tersebut. Alasannya, dia menikahi 11 pria.

Para saksi mengatakan wanita itu dieksekusi di depan umum di Distrik Sablaale, sekitar 250 kilometer dari Kota Mogadishu. Daerah ini dikuasai kelompok Shabaab.

"Hakim mengatakan perempuan itu telah mengakui tuduhan yang dijatuhkan kepadanya, yakni menikahi 11 pria pada saat bersamaan," tulis Shabaab dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari laman Asia One, Jumat 11 Mei 2018.

Belasan anggota Shabaab berkerudung terlibat dalam aksi rajam. Mereka melempari si wanita dengan batu hingga tewas.

Dari pernyataan Shabaab, ibu delapan anak tersebut ditangkap usai dua pria bertengkar memperebutkan dirinya. Keduanya mengakui suami sah perempuan tersebut.

Usai dua pria itu ditangkap, jumlah pria yang mengaku sebagai suami wanita tersebut bertambah. Hingga akhir hidupnya ada 11 orang yang mengaku sebagai suami wanita tersebut.

Salah satu suami wanita tersebut meninggal dunia, satu lainnya menceraikannya. Sementara sembilan lainnya berstatus menikah.

Meski pria di Somalia bisa memiliki empat istri, namun menikah secara diam-diam untuk menyembunyikan identitas dari pasangan lainnya adalah hal yang tidak umum, termasuk jika dilakukan kaum wanita. Meski umumnya di Somalia, diketahui poligami atau poliandri bisa saja dilakukan.


(FJR)