Kecelakaan di Pedalaman, Pria Berjalan 100 Km untuk Cari Bantuan

Arpan Rahman    •    Selasa, 05 Sep 2017 10:53 WIB
peristiwa unik
Kecelakaan di Pedalaman, Pria Berjalan 100 Km untuk Cari Bantuan
Jalan raya yang menghubungkan Queensland dengan Northern Territory dan Australia Barat. (Foto: ABC/Rick Britton)

Metrotvnews.com, Northern Territory: Seorang pedagang -- yang mobilnya mengalami kecelakaan di pedalaman Australia -- berhasil bertahan hidup setelah berjalan kaki sejauh lebih dari 100 kilometer untuk mencari bantuan.

Thomas Mason, 21, mengemudi di jalur pedalaman (outback) Australia pada Rabu pekan lalu. Ketika itu, mobilnya terguling usai menabrak seekor burung unta.

Meski tidak terluka, ia terdampar sekitar 150 km dari kota terdekat di Northern Territory.

Berjalan kaki selama lebih dari dua hari, dia terpaksa minum air kencingnya sendiri sebelum akhirnya mendapat pertolongan.

Pihak berwenang mengatakan, pria itu telah berjalan antara 100 hingga 120 km hingga akhirnya ditemukan seorang petugas pada Jumat malam.

"Saya tahu saya akan berada di luar sana dan mati, atau kembali ke jalan raya dan melihat seseorang," kata Mason kepada Nine News, seperti disitat BBC, Senin 4 September 2017.

Dia menemukan sebuah tangki air dan botol air di jalan. Namun Mason meminum air seninya sendiri karena persediaan itu pada akhirnya habis.

Mason diketahui sedang bertolak pulang dari pekerjaannya di komunitas Pipalyatjara di pedalaman Australia Selatan menuju Alice Springs di Northern Territory. Di tengah perjalanan, kecelakaan itu terjadi.

Orangtua Mason sempat meminta bantuan polisi, setelah menyadari anak mereka sudah melewatkan penerbangan dari Alice Springs ke Darwin. Mason akhirnya ditemukan malam itu juga, di sebuah jalan kecil sekitar 37 km dari kota Yulara di Northern Territory.

Polisi mengatakan Mason dirawat di rumah sakit atas keluhan terpapar sinar matahari dan dehidrasi. Hingga sejauh ini, kondisi fisiknya relatif baik.


(WIL)