Digigit Beruang di Bagian Kepala, Remaja Berhasil Selamat

Arpan Rahman    •    Senin, 10 Jul 2017 11:45 WIB
satwa
Digigit Beruang di Bagian Kepala, Remaja Berhasil Selamat
Beruang hitam biasanya tidak agresif, tapi akan berubah saat merasa ada ancaman terhadap anaknya. (Foto: Sky News)

Metrotvnews.com, Colorado: Seorang remaja berhasil lolos dari serangan beruang sesudah terbangun dan mendapati binatang itu sedang menggigit kepalanya.

Remaja 19 tahun itu bekerja di sebuah kamp di Colorado dan tertidur di luar Glacier View Ranch, sekitar 77 kilometer barat laut Denver, Amerika Serikat. 

Dia terbangun pukul 04.00 pagi, Minggu 9 Juli 2017, dan mendengar "suara menguyah." Rupanya rahang beruang sudah ada di bagian kepala korban, yang kemudian menyeret mangsanya dari kantong tidur ke area terbuka. 

Korban berhasil melepaskan diri, kemudian memukul binatang tersebut saat rekan-rekannya terbangun. Mereka menyadari apa yang sedang terjadi dan juga berupaya mengusir beruang.

Akhirnya, hewan buas itu menyerah dan berjalan menjauh.

Sang remaja, yang diidentifikasi bernama Dylan, dirawat di rumah sakit setempat.

Ia mengajarkan mengenai cara-cara bertahan hidup di alam liar di kamp tersebut. Sementara dua muridnya -- yang berusia 12 dan 13 tahun -- tidak terluka dalam insiden ini.

Dylan mengatakan kepada KMGH-TV bahwa beruang itu telah menyeretnya antara 3 hingga 3,5 meter sebelum dia bisa melarikan diri.

Beruang Hitam Tidak Agresif

"Saya mendengar suara menguyah, kurasa gigi beruang itu menempel di tengkorak saya," cetusnya, seperti dikutip Sky News, Senin 10 Juli 2017.

"Ketika itu saya memukul beruang itu sekeras yang saya bisa. Dan saya mengincar matanya, dan mulai menusuk matanya dengan jari. Saya merasa sangat beruntung -- jika saya menoleh ke arah lain, bisa saja dia menggigit wajah atau leher saya," imbuhnya kepada KCNC.

Petugas alam liar telah memasang perangkap untuk menjebak beruang itu. Anjing pelacak juga dikerahkan untuk mendeteksi keberadaannya. 

Setiap beruang yang tertangkap kemungkinan akan disuntik mati sebelum nantinya diuji untuk mengetahui apakah binatang itu memang pelakunya, menurut juru bicara Colorado Parks and Wildlife, Jennifer Churchill.

Beruang hitam biasanya tidak agresif, tapi akan berjuang untuk melindungi anaknya. Mereka juga relatif tertarik masuk ke tenda-tenda karena adanya makanan.

Bulan lalu, seorang bocah berusia 16 tahun terbunuh setelah tersesat saat balapan gunung di selatan Anchorage. Dalam kasus lainnya, seorang wanita dianiaya hingga meninggal dunia di area sekitar 643 ribu km wilayah timur laut dari kota tersebut.


(WIL)