Desa Tunawisma akan Dibangun di Edinburgh

Arpan Rahman    •    Kamis, 24 Nov 2016 22:14 WIB
peristiwa unik
Desa Tunawisma akan Dibangun di Edinburgh
JONATHAN AVERY TINY HOUSE SCOTLAND

Metrotvnews.com, Edinburgh: Desa pertama Skotlandia bagi kaum tunawisma akan dibangun di Edinburgh, tahun depan.

Social Bite berencana membangun 10 rumah di Granton dengan biaya rendah dan lingkungan yang aman bagi 20 orang. Perusahaan sosial itu ingin mengakhiri "lingkaran setan" dalam masalah tuna wisma.

Pekerjaan membangun desa diharapkan dimulai pada awal 2017. Kelompok penghuni pertama diharapkan bisa pindah ke rumah mereka pada musim panas mendatang. Social Bite bekerja sama dengan EDI Group, Dewan Kota Edinburgh, dan badan amal tunawisma lainnya dalam menggarap proyek ini.

Warga hunian akan tinggal selama 12 bulan dan hidup dalam "lingkungan terkelola" di mana mereka dapat belajar keterampilan baru. Situs ini tidak akan terbuka untuk orang dengan masalah penyakit sosial serius.

Setelah satu tahun, mereka akan pindah ke akomodasi permanen dan ditawari pekerjaan oleh Social Bite atau mitra perusahaan lain.

"Rencana Desa Social Bite ini diharapkan menciptakan sebuah solusi dengan cakupan menyeluruh tentang masalah tunawisma -- mulai dari perumahan untuk mendukung pekerjaan," kata pendiri perusahaan, Josh Littlejohn, kepada BBC, Kamis (24/11/2016).

"Dengan demikian kami berharap dapat mengubah jalannya kehidupan beberapa orang yang paling rentan di Skotlandia menjadi lebih baik -- mengubah takdir kemiskinan dan keterkucilan melalui salah satu dukungan penuh kasih dan inklusif," tuturnya.

Semua unit yang akan dibangun di desa itu dapat diangkut dan dipindahkan ke lokasi lain di masa depan.



Struktur bangunan akan didasarkan pada modul "NestHouse" yang dikembangkan Jonathan Avery Tiny House Scotland. Setiap rumah ditaksir berbiaya sekitar GBP30.000 atau setara USD36.900.

Joan Griffiths, wakil ketua sidang di Dewan Kota Edinburgh, mengatakan: "Menangani tunawisma tetap menjadi prioritas bagi dewan, dan kami bekerja sama dengan mitra pihak ketiga kami buat memberikan layanan bagi orang-orang yang kehilangan tempat tinggal."

"Josh dan tim Social Bite sudah melakukan begitu banyak pekerjaan yang baik bagi kaum tunawisma di seluruh kota ini dan kami berharap untuk bekerja dengan mereka dalam rencana mereka ke depan," pungkasnya.


(WIL)