70 Persen Terumbu Karang di Jepang Telah Mati

Sonya Michaella    •    Jumat, 13 Jan 2017 13:34 WIB
peristiwa unik
70 Persen Terumbu Karang di Jepang Telah Mati
Terumbu karang yang mati di Okinawa, Jepang (Foto: Japan Times)

Metrotvnews.com, Tokyo: Keanekaragaman hayati di lautan Jepang kini terancam punah. Menurut sebuah laporan yang baru saja dikeluarkan Kementerian Lingkungan Jepang, 70 persen terumbu karang di laut telah mati.

Dilansir The Japan Times, Jumat (13/1/2017), tidak mengherankan bahwa terumbu karang dunia sedang berada dalam kondisi yang buruk. Parahnya, terumbu karang yang mati ini berada di salah satu tujuan diving paling populer di Jepang, yaitu Sekiseishoko.

Pelacakan adanya terumbu karang yang mati di Sekoseishoko sudah dilaksanakan sejak November tahun lalu. Namun, Kementerian Lingkungan Jepang baru bisa memastikan sekarang setelah pemeriksaan selesai.

Ditemukan, di 35 area diving Sekiseishoko, Prefektur Okinawa, sejumlah terumbu karang berwarna putih dan kecoklatan. Padahal, seharusnya mereka berwarna biru maupun hijau.

Para peneliti pun mengambil salah satu contoh terumbu karang mati untuk diperiksa. Para peneliti pun menyatakan, terumbu karang ini kurang nutrisi.

Mereka bahkan mengimbau pengelola tempat diving untuk lebih memperhatikan keadaan bawah laut, terutama terumbu karang dan ganggang laut.

"Hal ini terjadi mungkin juga karena pengunjung yang tak menaati peraturan tempat wisata. Di dekat terumbu karang yang mati, ada sejumlah sampah menumpuk," tulis pernyataan resmi dari Kementerian Lingkungan Jepang.

Saat ini, pejabat pemerintahan Jepang belum memutuskan solusi apa yang diambil untuk mengatasi masalah ini. Sebab, jika dibiarkan terus menerus, hal ini akan mempengaruhi tingkat kedatangan wisatawan lokal dan mancanegara ke tempat diving tersebut.



(FJR)