Katak Bercahaya Ditemukan di Argentina

Arpan Rahman    •    Sabtu, 18 Mar 2017 10:53 WIB
peristiwa unik
Katak Bercahaya Ditemukan di Argentina
Katak bercahaya yang ditemukan di Argentina (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Buenos Aires: Pertama kalinya, seekor katak yang secara alami berpijar seperti lampu neon ditemukan baru-baru ini di Argentina. 
 
Menurut anggota tim peneliti, penemuan katak itu hampir secara kebetulan. Para ilmuwan asal Argentina dan Brasil di Museum Ilmu Pengetahuan Alam Bernardino Rivadaiva mendapati penemuan itu saat mempelajari asal metabolisme dari pigmen dalam spesies katak-pohon biasa di Amerika Selatan.
 
Di bawah cahaya normal, kulit tembus pandang katak tersebut berwarna coklat-kekuningan dibercaki dengan titik-titik merah. Tapi ketika para ilmuwan menyinarkan cahaya ultraviolet ke atasnya, ternyata hijau-langit.
 
Menurut salah seorang dari saintis, Carlos Taboada, kasus ini merupakan "catatan ilmiah pertama tentang seekor katak neon."
 
"Kami sangat gembira," kata rekan penelitinya, Julian Faivovich, seperti disitir AFP, Jumat 17 Maret 2017. 
 
"Meski cukup membingungkan," imbuhnya.
 
Dia mengatakan, penemuan itu "secara radikal mengubah apa yang diketahui tentang fluoresensi di lingkungan darat, membuka kemungkinan penemuan senyawa neon baru yang mungkin memiliki aplikasi ilmiah atau teknologi."
 
Hal ini juga "menghasilkan pertanyaan baru tentang komunikasi visual pada amfibi," katanya.
 
Tim tersebut meneliti sekitar 200 sampel guna  lebih memastikan fenomena itu bukan karena penangkaran katak, dan mendeteksi sifat neon di semua spesimen.
 
Maria Lagorio -- peneliti independen dan ahli dalam fluoresensi, yang dihubungi tim peneliti setelah penemuan -- mengatakan kepada AFP bahwa sifat tersebut adalah umum dalam spesies air dan terlihat dalam beberapa serangga, "tetapi tidak pernah secara ilmiah dilaporkan pada amfibi."
 
Temuan baru-baru ini diterbitkan dalam kertas kerja dari National Academy of Sciences.



(FJR)

Imbas Teror Bom Manchester, Chelsea Tunda Parade Juara
Serangan Teror di Kota Manchester

Imbas Teror Bom Manchester, Chelsea Tunda Parade Juara

9 hours Ago

Untuk menghormati mereka yang menjadi korban, manajemen Chelsea akhirnya memutuskan untuk menunda…

BERITA LAINNYA