Pecahkan Rekor, Komik Tintin Dijual 1,5 Juta Euro

Whisnu Mardiansyah    •    Minggu, 20 Nov 2016 05:44 WIB
komik
Pecahkan Rekor, Komik Tintin  Dijual 1,5 Juta Euro
Komik Tintin yang berjudul "Explorers on the Moon" laku dilelang dengan harga fantastis. The Telegraph

Metrotvnews.com, Paris: Sebuah komik asli Tintin berjudul "Explorers on the Moon" terjual 1.5 juta euro dalam sebuah lelang di Artcurial Paris, Perancis. Komik ini salah satu dari edisi cerita petualangan Tintin yang terbaik. 

Komik dengan ukuran kertas 50 cm x 35 cm itu digambar dengan menggunakan tinta Cina oleh kartunis Belgia yang dikenal sebagai Herge. Dalam komik tersebut bergambar Tintin yang merupakan seorang reporter dengan anjingnya Snowy dan seorang  pelaut Kapten Haddock mengenakan pakaian antariksa dan berjalan di bulan sambil melihat bumi.

Komik yang pertama kali dirilis pada 1954 ini dipandang sebagai salah satu karya ulung Herge. Angka lelang pun di luar dugaan. Sebelumnya, komik tersebut ditargetkan hanya terjual antara 700.000 dan 900.000 euro atau setara dengan  USD741.00 dan USD952.000. 

"Ini sangat fantastis! Ini harga yang luar biasa untuk sepenggal (komik) yang luar biasa," kata Ahli Komik Artcurial Eric Leroy, seperti disitat dari The Telegraph, Sabtu (19/11/2016).

Dia menggambarkan "Explorers on the Moon" sebagai momen kunci dalam sejarah buku seni komik . Edisi komik ini telah menjadi mitos bagi banyak pecinta dan kolektor komik.

"Ini adalah salah satu yang paling penting dari periode pascaperang Herge, pada tingkat yang sama seperti 'Tintin di Tibet' dan 'Permata Castafiore'," tambah dia.
 
Mendiang seniman Belgia itu sudah memegang rekor dunia untuk penjualan komik strip. Cerita petualangan Tintin yang diterbitkan antara 1937 sampai 1958 terjual USD3,7 juta kepada seorang penggemar asal Amerika, dua tahun lalu.


(OGI)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA