Terlarang Bagi Wanita, Pulau Ini jadi Warisan Dunia UNESCO

Sonya Michaella    •    Senin, 10 Jul 2017 15:29 WIB
peristiwa unikjepang
Terlarang Bagi Wanita, Pulau Ini jadi Warisan Dunia UNESCO
Pulau Okinoshima, yang dikhususkan hanya untuk pria. (Foto: Guardian)

Metrotvnews.com, Tokyo: Setelah Kota Tua Hebron dijadikan situs warisan Palestina oleh  Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), kini giliran pulau khusus pria di Jepang, Pulau Okinoshima.

Pulau Okinoshima, terletak di tengah-tengah antara pulau utama Kyushu Selatan dan Semenanjung Korea.

Pulau ini juga pernah menjadi tempat ritual untuk memohon keselamatan maritim serta untuk menyembah dewa-dewi dalam kepercayaan Shinto.

Pulau ini juga dikabarkan menyimpan sekitar 80 ribu jenis harta karun, mulai dari dari manik-manik sampai pedang. 

Hal unik di pulau tersebut adalah hanya pria yang boleh mengunjunginya. Tradisi Shinto melarang wanita untuk masuk ke pulau ini.

Dikutip dari Guardian, Senin 10 Juli 2017, Ppengunjung laki-laki pun harus mengikuti peraturan ketat, termasuk harus telanjang dan melakukan ritual pembersihan sebelum mereka menginjakkan kaki di darat.

Ketika mereka pulang, mereka tidak diperbolehkan mengambil apapun dari pulau itu, dan tidak boleh membicarakan tentang perjalanannya.

Dijadikan situs warisan dunia oleh UNESCO, Pulau Okinoshima akan menerima dana untuk perawatannya. Namun, beberapa penduduk di dekatnya telah menyuarakan kekhawatiran bahwa pulau tersebut bisa rusak karena 'turis nakal'.



(WIL)