Arkeolog Temukan Fosil Dinosaurus Sepanjang Tiga Bus London

Willy Haryono    •    Rabu, 09 Aug 2017 15:00 WIB
satwa
Arkeolog Temukan Fosil Dinosaurus Sepanjang Tiga Bus London
Enam fosil Patagotitan mayorum ditemukan di Patagonia, Argentina. (Foto: Sky News)

Metrotvnews.com, Buenos Aires: Sejumlah ilmuwan meyakini panjang tubuh dari dinosaurus terbesar di dunia setara dengan tiga bus London yang dijajarkan. 

Sebuah studi mengenai enam fosil dinosaurus yang ditemukan di Argentina mengestimasi bahwa spesies Patagotitan mayorum memiliki bobot 61 ton dengan panjang 35 meter. Tinggi dari tanah ke bagian bahunya mencapai enam meter.

Ini artinya, makhluk besar itu lebih panjang dari tiga bus Routemaster yang beroperasi di London. Bobot dinosaurus ini lebih berat dari pesawat Boeing 737.

Diklasifikasikan sebagai bagian dari grup titanosaurus, Patagotitan mayorum diyakini hidup 100 juta tahun silam di periode Cretaceous. 

Sebagai sauropoda, Patagotitan diyakini sebagai herbivora berkaki empat yang memiliki ekor dan leher panjang. 

Enam fosil Patagotitan, yang meliputi bagian tulang belakang serta rusuk, ditemukan di sebuah situs arkeologi di provinsi Chubut, Patagonia, Argentina, pada 2013. 

Penemuan enam dinosaurus di satu lokasi menunjukkan bukti bahwa kelompok titanosaurus terlibat dalam aktivitas sosial. 


Ilustrasi Patagotitan mayorum. (Foto: Sky News)

Raksasa Lamban

Seperti dikutip Sky News, Rabu 9 Agustus 2017, Kepala riset Dr Jose Carballido dari Museo Paleontologico Egidio Feruglio di Argentina kini mendeskripsikan Patagotitan mayorum sebagai "spesies dinosaurus terbesar yang diketahui" sejauh ini. 

Meski spesies Argentinosaurus sebelumnya disebut sebagai dinosaurus terbesar, namun estimasi bobot tubuh 79 ton tidak didasarkan pada ukuran kaki-kakinya, sehingga tidak dapat diyakini 100 persen. 

Para peneliti menyebut tulang belakang dari Argentinosaurus mengindikasikan ukurannya 10 persen lebih kecil dari Patagotitan mayorum. 

Diyakini Patagotitan mayorum bisa tumbuh menjadi sangat besar karena banyaknya tanaman berbunga pada perideo Cretaceous. 

"Saya yakin mereka tidak mengerikan sama sekali. Mereka adalah hewan besar dengan gerakan lamban," kata Diego Pol, seorang peneliti di bawah Dr Jose.

Dia meyakini dinosaurus pemakan daging Tyrannosaurus rex akan terlihat seperti "kurcaci saat disandingkan dengan titanosaurus." "Seperti membandingkan ukuran gajah dengan singa," ujar Diego.


Arkeolog meneliti enam fosil Patagotitan mayorum. (Foto: Sky News)


(WIL)