Tidak Ada Kata Terlambat, Nenek 91 Tahun Raih Gelar Sarjana

Willy Haryono    •    Kamis, 10 Aug 2017 11:58 WIB
peristiwa unik
Tidak Ada Kata Terlambat, Nenek 91 Tahun Raih Gelar Sarjana
Kimlan Jinakul meraih gelar S1 di jurusan Ekologi Manusia. (Foto: PANUMAS SANGUANWONG/BBC THAI)

Metrotvnews.com, Bangkok: Seorang nenek berusia 91 asal Thailang yang mengatakan "tidak ada kata terlambat untuk belajar" telah menyelesaikan program studinya dan meraih gelar sarjana. 

Kimlan Jinakul bercerita kepada BBC bahwa dirinya selalu ingin belajar di universitas. Namun sebagai gadis muda di masa lalu, kesempatan itu tidak pernah datang. 

Waktu berlalu dan Kimlan memiliki beberapa anak. Setelah melihat hampir semua anaknya masuk kuliah, wanita asal provinsi Lampang itu pun memutuskan mendaftar ke salah satu universitas di Thailand. 

Setelah berusaha keras selama 10 tahun, Kimlan akhirnya meraih gelar sarjana pada Rabu 9 Agustus 2017. 

"Saya selalu menginginkan anak-anak saya untuk dapat terus belajar. Jadi saya mendorong dan menyemangati mereka untuk masuk universitas," tutur Kimlan, seperti dilaporkan BBC, Kamis 10 Agustus 2017. 


Keluarga menemani wisuda Kimlan Jinakul. (Foto: BBC Thai)

Empat dari lima anak Kimlan meraih gelar master atau S2. Satu anaknya bahkan mendapat gelar PhD di Amerika Serikat (AS). 

Kesuksesan anak-anaknya di bidang akademis yang mendorong Kimlan memberikan diri mendaftar ke universitas di usia senja. 

Usianya 72 tahun saat pertama kali mendaftar kuliah. Namun kematian salah satu putrinya membuat Kimlan cuti kuliah selama beberapa tahun. 

Saat menginjak usia 85, dia kembali berkuliah di jurusan Ekologi Manusia. 

"Setelah bangkit dari kesedihan, saya menguatkan diri untuk menyelesaikan kuliah. Saya berharap mendiang putri saya senang melihat keberhasilan saya," ungkap Kimlan.



(WIL)