Finlandia jadi Negara Paling Bahagia di Dunia

Arpan Rahman    •    Jumat, 16 Mar 2018 10:20 WIB
peristiwa unik
Finlandia jadi Negara Paling Bahagia di Dunia
Warga Finlandia paling bahagia di antara negara lain (Foto: AFP).

Helsinki: Finlandia menjadi tempat paling bahagia di dunia untuk ditinggali, peringkat tertinggi dalam sebuah laporan tahunan komprehensif Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
 
Tahun ini, Finlandia menyisihkan Norwegia sebagai negara teratas dalam daftar 172 halaman World Happiness Report, diikuti Norwegia, Denmark, Islandia, dan Swiss. Belanda, Kanada, Selandia Baru, Swedia, dan Australia melengkapi 10 besar.
 
Laporan tersebut, yang dirilis menjelang Hari Kebahagiaan Dunia PBB pada 20 Maret, mengevaluasi 156 negara dan yang teratas ditemukan memiliki nilai tinggi dalam enam kategori kesejahteraan: pendapatan, harapan hidup sehat, dukungan sosial, kebebasan, kepercayaan, dan kemurahan hati
 
Amerika Serikat (AS) merosot dari urutan 14 menjadi 18 tahun ini, mungkin karena munculnya masalah kesehatan yang mengancam kebahagiaan -- obesitas, krisis opioid, dan depresi. Isu tersebut berkembang lebih cepat di AS daripada di negara lain, demikian laporan tersebut.
 
Kekuatan dunia lainnya dalam daftar itu termasuk Jerman (di urutan 15), Inggris (19), Jepang (54), Rusia (59), dan Tiongkok (86).
 
Negara yang paling tidak bahagia, menurut daftar, ialah Burundi -- di mana 10 posisi terbawah sebagian besar terdiri dari negara-negara Afrika. Republik Afrika Tengah menduduki peringkat kedua terbuncit, diikuti Sudan Selatan, Tanzania, Yaman, Rwanda, Suriah, Liberia, Haiti, dan Malawi.
 
Togo dinilai sebagai pemenang terbesar laporan tersebut, naik 17 tingkat sejak 2015. Pecundang terbesar yakni Venezuela, berada di peringkat 102 dan turun 2,2 poin pada skala "perubahan dalam kebahagiaan".
 
Fokus utama laporan tahun ini, selain faktor kebahagiaannya seperti biasa, termasuk migrasi di dalam dan antarnegara. Peringkat kebahagiaan imigran didasarkan pada data Gallup dari 2005-2017, menggunakan 117 negara dengan lebih dari 100 responden imigran.
 
"Mungkin temuan paling mengejutkan dari keseluruhan laporan adalah bahwa peringkat negara-negara sesuai dengan kebahagiaan populasi imigran mereka hampir sama persis dengan populasi lainnya," kata laporan tersebut.
 
"Ke 10 negara paling bahagia di peringkat keseluruhan juga mengisi 10 dari 11 tempat teratas dalam peringkat kebahagiaan imigran," bunyinya, seperti dikutip UPI, Kamis 15 Maret 2018.
 
Norwegia menduduki peringkat negara paling bahagia di dunia dalam laporan 2017, diikuti Denmark, Islandia, dan Swiss. Finlandia di posisi kelima, tahun lalu.


(FJR)


Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

13 hours Ago

Sejumlah kebijakan Trump disindir Obama, yaitu kebijakan imigrasi dan mundurnya AS dari Kesepakatan…

BERITA LAINNYA