Hilang 33 Tahun, Pantai di Irlandia Muncul Kembali dalam Semalam

Willy Haryono    •    Rabu, 10 May 2017 10:38 WIB
peristiwa unik
Hilang 33 Tahun, Pantai di Irlandia Muncul Kembali dalam Semalam
Pantai di Dooagh saat disapu badai (kiri) dan kemunculan kembali pantai di lokasi yang sama. (Foto: Sky News)

Metrotvnews.com, Doaagh: Sebuah pantai di Irlandia yang menghilang lebih dari 30 tahun lalu kembali muncul di pulau lepas pantai County Mayo.

Pasir pantai di Dooagh, Pulau Achill, tersapu seluruhnya oleh badai pada 1984 dan hanya menyisakan bebatuan. 

Namun setelah adanya gelombang tak biasa, ratusan ton pasir terakumulasi di sekitar area tempat pantai yang hilang itu berada. Alhasil, pesisir pantai sepanjang 300 meter itu pun terbentuk kembali. 

Sean Molloy, manajer Achill Tourism, mengatakan masyarakat lokal terkejut sekaligus gembira atas kemunculan kembali pantai mereka. 

Mengingat kembali peristiwa pada 1984, Molloy mengatakan: "Badai besar menghancurkan pantai. (Semua pasir) benar-benar tersapu bersih, dan 1984 adalah saat terakhir pantai itu ada di sana."

"Lalu sejak April kemarin udara dingin melanda saat Paskah, dan angin bertiup dari utara. Pasir-pasir itu tertiup ke sini," lanjut dia, seperti dikutip Guardian, belum lama ini.

Alan Gielty, pemilik restoran lokal, menyebut kemunculan kembali pantai ampuh menarik banyak wisatawan. 

"Kami memiliki desa kecil yang luar biasa, dan senang rasanya bisa melihat pantai indah itu ketimbang hanya bebatuan," tutur Gielty. "Sejak banyak orang yang sudah melihat pantai baru ini, kami kedatangan lebih banyak tamu."

Pulau Achill adalah semenanjung terpencil di Irlandia barat. Penduduk ternama yang tinggal di sana adalah Heinrich Boll, penulis anti-Nazi asal Jerman yang meraih Penghargaan Nobel. 

Bekas tempat tinggal Boll di Achill dijadikan tempat khusus untuk bersantai di kalangan penggemar dan para penulis.


(WIL)