Lansia Berumur 73 akan Berenang Lintasi Selat Berbahaya di Jepang

Willy Haryono    •    Rabu, 07 Sep 2016 15:45 WIB
peristiwa unik
Lansia Berumur 73 akan Berenang Lintasi Selat Berbahaya di Jepang
Selat Tsugaru adalah salah satu selat paling sulit ditaklukkan di dunia yang terletak antara Honshu dan Hokkaido, Jepang. (Foto:WIKIMEDIA FOUNDATION)

Metrotvnews.com, Tokyo: Seorang pria Jepang berusia 73 tahun akan menjadi manusia tertua yang berenang melintasi Selat Tsugaru pada Rabu (7/9/2016). 

Seperti dilansir AFP, Toshio Tominaga akan berenang melawan arus berbahaya dan sengatan ubur-ubur di selat yang paling tidak bisa diprediksi itu. 

Selat Tsugaru sebenarnya hanya memiliki panjang 19,5 kilometer di titik tersempitnya. Namun Tominaga akan berenang sejauh 45 kilometer karena dirinya harus bergerak ke arah utara untuk melawan kuatnya arus yang mengarah ke timur. 

Masayuki Moriya, salah satu anggota tim pendukung, mengatakan Tominaga sudah mulai berenang sejak pukul 05.28 pagi waktu Jepang.

Menurut Asosiasi Renang Perairan Terbuka Dunia (WOWSA), perenang maraton biasanya akan mencoba Selat Tsugaru sebagai bagian dari upaya menaklukkan "Tujuh Lautan." Selain Tsugaru, terdapat pula Terusan Inggris, Selat Gibraltar dan empat lainnya. 

Di masa lalu, sejumlah perenang telah menghadapi ikan hiu, ubur-ubur serta cumi-cumi dalam upaya menyeberangi Tsugaru. Orang pertama yang berhasil melakukannya adalah atlet Amerika Serikat bernama David Yudovin pada 1990. 

Pada 2012, wanita asal AS Pat Gallant-Charrette menjadi orang tertua yang berenang melintasi Tsugaru di usianya yang menginjak 61. 

"Perairan (Tsugaru) hangat dan kondisinya bagus. Dia pasti berhasil," kata pendiri WOWSA, Steven Munatones, terkait usaha Tominaga. 

Bulan lalu, perenang berusia 18 asal Jepang, Honoka Hasegawa, menjadi wanita termuda dan tercepat yang sukses menaklukkan Tsugaru.


(WIL)