Gunung Es Mengapung di Samudera Atlantik Tarik Minat Wisatawan

Sonya Michaella    •    Kamis, 20 Apr 2017 20:09 WIB
peristiwa unik
Gunung Es Mengapung di Samudera Atlantik Tarik Minat Wisatawan
Potongan gunung es yang mengapung di Samudera Atlantik (Foto: Reuters).

Metrotvnews.com, Ottawa: Wisatawan yang berkunjung ke Kanada kini akan disuguhkan pemandangan yang unik sekaligus cantik, yaitu potongan gunung es yang mengapung di Samudera Atlantik.
 
Potongan es berwarna putih itu biasanya  mengapung sepanjang musim semi dan musim panas, sehingga memberi pemandangan sangat unik, terutama bagi wisatawan yang gemar fotografi.
 
Dilansir ABC, Kamis 20 April 2017, potongan gunung es ini terlerak di Ferrlyand, Newfoundland, Kanada. Setiap tahun, puluhan wisatawan berdatangan pada musim semi sampai musim panas hanya untuk melihat potongan gunung es tersebut.
 
"Tahun ini, potongan pertama telah melewati Ferryland. Potongannya sangat besar dan mengapung dalam jarak yang dekat, jadi wisatawan bisa melihat dengan jelas," kata Wali Kota Ferryland, Adrian Kavanagh.
 
Tahun ini, kata dia, sebanyak 616 potongan gunung es telah melewati Newfoundland menuju Atlantik Utara. Jumlah tersebut melebihi jumlah tahun lalu, yang hanya sebanyak 867 potongan gunung es. 
 
Namun, para pengamat lingkungan merasa khawatir karena mereka menilai mengapungnya potongan gunung es ini terlalu dini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. "Bisa mengarah ke perubahan iklim jika ini terus menerus terjadi," ungkap dia.
 
Tempat wisata favorit di Kanada yang kerap dikunjungi wisatawan, selain potongan gunung es ini adalah dua taman nasional Ferryland, Taman Nasional Gros Morne dan Taman Nasional Terra Nova.



(FJR)