Berlian Raksasa dari Sierra Leone Laku Terjual Rp87,8 M

Fajar Nugraha    •    Selasa, 05 Dec 2017 15:06 WIB
berlian
Berlian Raksasa dari Sierra Leone Laku Terjual Rp87,8 M
Berlian seberat 709 karat dijual seharga Rp87,8 miliar (Foto: AFP).

Freetown: Berlian dalam ukuran besar yang disebut 'peace diamond' atau 'berlian perdamaian' berhasil dijual oleh Pemerintah Sierra Leone seharga USD6,5 juta atau sekitar Rp87,8 miliar.
 
Batu permata 709 karat itu ditemuka pada Maret lalu. Ini menjadi berlian terbesar yang pernah ditemukan di Sierra Leone selama hampir setengah abad.
 
Ahli menyebutkan, berlian ini berada di peringkat antara 10 hingga 15 yang terbesar ditemukan di seluruh dunia.
 
Ditemukan oleh tim yang dipimpin Pastor Momoh dari Gereja Evangelis, diberikan kepada pemerintah dengan harapan bisa dijual untuk memberikan keuntungan kepada Sierra Leone. Selain itu hasil penjualan bisa digunakan untuk perkembangan potensial dari negara yang kaya akan cadangan batu permata tersebut.
 
Ahli batu permata Laurence Graff membeli berlian tersebut. Menurut pihak yang melakukan pelelangan, Martin Rapaport Pemerintah Sierra Leone berharap berlian itu bisa laku hingga USD7 juta atau sekitar Rp94 miliar.
 
"Mungkin ini adalah transparansi penjualan," tutur Rapaport, seperti dikutip AFP, Selasa 5 Desember 2017.
 
Penambangan ilegal dan penjualannya yang disebut berlian berdarah atau blood diamonds, menjadi sumber pemasukan utama bagi negara di Afrika, tak terkecuali Sierra Leone. 
 
Pelelangan ini menjadi pendekatan lain dari Presiden Ernest Bai Koromo. Namun sepertinya harapan terlalu tinggi, karena harga yang ditawarkan sepertinya sedikit mengecewakan.



(FJR)