Melon Premium Jepang Terjual Lebih dari Rp400 Juta

Willy Haryono    •    Sabtu, 26 May 2018 17:26 WIB
peristiwa unik
Melon Premium Jepang Terjual Lebih dari Rp400 Juta
Sepasang melon Yubari terjual lebih dari Rp400 juta. (Foto: AFP/Jiji Press)

Sapporo: Sepasang melon premium terjual dengan harga 3,2 yen atau setara Rp413 juta di sebuah acara lelang di Jepang, Sabtu 26 Mei 2018. Di Negeri Sakura, melon premium ini kerap dipandang sebagai simbol status seseorang.

Buah musiman di Jepang ini menarik minat banyak pembeli yang ingin mencari prestise sosial. Sejumlah pemilik toko juga mati-matian mendapatkan melon ini untuk mendengarkan suara kepuasan dari para pelanggan.

Pemenang dari sepasang melon jenis Yubari ini adalah sebuah perusahaan jasa pengemasan barang. Acara lelang berlangsung di Sapporo Central Wholesale Market di Hokkaido utara.

Nilai sepasang melon tersebut -- cukup untuk membeli sebuah mobil baru di Jepang -- mengalahkan rekor sebelumnya di angka 3 juta yen dua tahun lalu.

"Melon Yubari tumbuh subur tahun ini, karena sinar matahari bersinar lebih lama dari biasanya sejak awal Mei," ujar seorang petugas lelang, Tatsuro Shibuta.

Seperti minuman anggur di dunia Barat, melon Yubari dinilai sebagai simbol status di Jepang. Banyak orang membeli melon jenis ini untuk dijadikan hadiah kepada teman atau kolega.

Harga buah-buahan di Jepang relatif mahal, bahkan yang berjenis biasa. Bukan sesuatu yang aneh jika di Jepang ada satu buah apel dibanderol dengan harga USD3 atau Rp42 ribu.


(WIL)