Selundupkan Ular Kobra di Kaleng, Pria AS Ditangkap

Willy Haryono    •    Rabu, 26 Jul 2017 20:00 WIB
satwa
Selundupkan Ular Kobra di Kaleng, Pria AS Ditangkap
King cobra, yang dapat mencapai panjang tubuh hingga 5,5 meter, adalah ular berbisa dengan habitat di seantero Asia Tenggara. (Foto: Sky News)

Metrotvnews.com, Los Angeles: Seorang pria asal Los Angeles, Amerika Serikat, ditangkap usai berusaha menyelundupkan tiga ular jenis king cobra di dalam kaleng keripik. 

Seperti dilansir Sky News, Rabu 26 Juli 2017, reptil beracun itu masing-masing memiliki panjang tubuh sekitar 60 sentimeter. Selain ular, petugas juga menemukan tiga kura-kura bercangkang lembek. 

Rodrigo Franco didakwa pasal membawa barang secara ilegal ke AS, yang berhasil dibongkar petugas bea dan cukai pada 2 Maret lalu. 

Pria 34 tahun itu juga diduga telah mengirim sebuah kotak berisi enam kura-kura bercangkang lembek ke Hong Kong di hari yang Kisama. 


King Cobra. (Foto: Sky News)

Dalam wawancara dengan petugas, pelaku mengakui memiliki total 20 ular king cobra dalam dua paket sebelumnya. Namun 20 ular itu mati dalam perjalanan. Franco terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara jika terbukti bersalah. 

King cobra, yang dapat mencapai panjang tubuh hingga 5,5 meter, adalah ular berbisa dengan habitat di seantero Asia Tenggara. Binatang berbahaya ini adalah ular berbisa dengan tubuh terpanjang di dunia. 

Satu gigitan king cobra dapat membunuh sekitar 20 pria. Orang yang digigit biasanya tewas dalam waktu 30 menit jika tidak mendapat pertolongan medis. 

Sementara kura-kura cangkan lembut asal China biasa diburu untuk dijadikan makanan. Di alam liar, kura-kura itu diklasifikasikan sebagai spesies rentan. 


(WIL)