Ikan Oarfish Bermunculan di Jepang, Pertanda Tsunami?

Willy Haryono    •    Rabu, 06 Feb 2019 16:56 WIB
peristiwa unikjepang
Ikan Oarfish Bermunculan di Jepang, Pertanda Tsunami?
Sejumlah ikan oarfish sudah dalam kondisi mati saat ditemukan tersangkut jaring nelayan di pesisir Jepang sepanjang awal Februari 2019. (Foto: Uozu Aquarium)

Tokyo: Sejumlah ikan jenis oarfish dengan panjang tubuh rata-rata hampir empat meter bermunculan di lepas pantai Pelabuhan Imizu di prefektur Toyama, Jepang, sepanjang pekan kemarin. 

Dalam kepercayaan masyarakat Jepang, kemunculan oarfish merupakan salah satu pertanda akan terjadinya gempa bumi atau tsunami.

Seperti dikutip dari laman Daily Star, Rabu 6 Februari 2019, sejumlah ikan itu sudah dalam kondisi mati saat ditemukan tersangkut di jaring nelayan. Rekor empat ikan oarfish ditemukan di pesisir Jepang pada 2015, dan jumlah tersebut mungkin akan terlewati tahun ini.

Spesies oarfish biasanya hidup di laut dalam dan jarang terlihat di permukaan. Legenda di Jepang menyebutkan saat seekor oarfish muncul ke perairan dangkal, maka musibah sudah semakin mendekat.

Berbagai spekulasi bermunculan terkait ikan ini, salah satunya adalah oarfish mungkin sensitif terhadap pergerakan seismik di dasar laut, dan berenang menjauh dari lokasi yang mungkin akan menjadi episenter gempa. Namun sejauh ini belum ada data ilmiah yang menghubungkan oarfish dengan gempa bumi atau tsunami.

Pada 2010, sedikitnya 10 oarfish ditemukan terdampar di sepanjang garis pantai Jepang. Gempa bumi berkekuatan 9,0 Skala Richter mengguncang Negeri Sakura beberapa bulan setelahnya. 

Musibah tersebut memicu gelombang tsunami yang menewaskan sekitar 19 ribu orang.


(WIL)