Menteri India Klaim Internet Diciptakan di Zaman Mahabharata

Willy Haryono    •    Rabu, 18 Apr 2018 16:19 WIB
indiaperistiwa unik
Menteri India Klaim Internet Diciptakan di Zaman Mahabharata
Biplab Deb mengklaim India kuno juga memiliki teknologi satelit. (Foto: economictimes/indiatimes)

Tripura: Seorang menteri di India mengklaim internet sudah diciptakan ribuan tahun lalu oleh masyarakat kuno di era Mahabharata. Klaim ini memicu reaksi beragam di media sosial India.

Biplab Deb, seorang menteri kepala dari negara bagian Tripura, melontarkan pernyataan tak biasa itu dalam sebuah acara publik pada Selasa 17 April 2018. 

Untuk membuktikan teorinya, ia mengambil contoh karya seni Mahabharata. Ia mengklaim pertempuran Kurushetra dalam cerita kuno itu tidak hanya membuktikan keberadaan internet, tapi juga teknologi satelit di zaman India kuno. 

Deb mengatakan salah satu karakter di Mahabharata, Sanjaya, bisa menceritakan pertempuran secara detail kepada Raja Dhritarashtra yang terpisah jarak cukup jauh dengan dirinya. Ia mengklaim hal itu membuktikan India memiliki teknologi internet dan satelit.

Medsos India ramai memperbincangkan pernyataan Deb. Audrey Truschke, seorang profesor kajian sejarah Asia Selatan, turut berkomentar.

"Kenapa Abhimanyu tidak bertanya kepada Quora cara untuk melarikan diri dari Chakravyuha? Kenapa Sanjay menceritakan Perang Kurkshetra saat Siri juga bisa melakukannya? Dan juga, Krishna harusnya bisa melakukan live-streaming Bhagavad-Gita di Facebook Live," tulis Truschke di Twitter, menyebutkan beberapa aplikasi internet.

Seorang pengguna medsos lainnya, Kshitij Nagar, melontarkan pernyataan bersifat praktis. "Baiklah, saya harap setidaknya mereka memiliki bandwidth yang lebih bagus daripada saat ini," tulisnya. 

Ini bukan kali pertama tokoh publik India mengklaim negaranya memiliki teknologi hebat di masa lalu. 

Pada 2014, Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan kepada sekelompok dokter dan staf medis di Mumbai bahwa operasi plastik sudah ada sejak zaman India kuno. 

September lalu, menteri pendidikan junior Satyapal Singh mengklaim bahwa pesawat terbang pertama kali disebutkan dalam cerita Ramayana.


(WIL)