Thailand akan Kirim Durian ke Luar Angkasa

Willy Haryono    •    Senin, 04 Jun 2018 16:30 WIB
peristiwa unik
Thailand akan Kirim Durian ke Luar Angkasa
Seorang penjual menjajakan durian di Bangkok, Thailand, 1 Juni 2018. (Foto: Romeo Gacad / AFP)

Bangkok: Dikenal sebagai "Raja Buah-buahan," durian akan menjalani 'misi' perdananya ke luar angkasa. Thailand berencana mengirim buah beraroma tajam tersebut ke orbit Bumi dalam sebuah percobaan di dunia kuliner.

Bangkok ingin menguji ketahanan durian, dalam upaya membuat sebuah hidangan khas Thailand yang cocok dikonsumsi dalam kondisi lingkungan tanpa gravitasi.

Percobaan tidak biasa ini dijadwalkan berlangsung pada Juli mendatang.

"Di masa mendatang, kami ingin para astronot dapat menikmati makanan Thailand," ujar seorang juru bicara Agensi Geo-Informasi dan Pengembangan Teknologi Luar Angkasa Thailand (GISTDA), seperti dilansir dari Asian Correspondent, Senin 4 Juni 2018.

"Kami ingin melihat apakah ada perubahan bentuk fisik (durian) saat nanti kembali ke Bumi. Apakah nanti bentuknya akan lebih kecil, atau mungkin retak," lanjut dia.

Durian yang dikirim ke luar angkasa akan dibungkus dengan metode vakum. Buah yang dilarang dibawa dalam hampir semua penerbangan ini akan berada di orbit selama lima menit. 

Beragam nasi khas Thailand juga akan ikut serta dalam perjalanan tersebut. "Kmai ingin mengirimnya ke lingkungan para astronot beraktivitas, dan membawanya pulang untuk dianalisa lebih jauh," tutur jubir GISTDA kepada BBC.


Durian dan beras yang akan dikirim ke luar angkasa. (Foto: AFP)

Pada 2008, seorang astronot asal Korea Selatan membawa hidangan khas kimchi ke luar angkasa. Itu adalah kali pertama hidangan sayuran fermentasi itu dikonsumsi dalam kondisi tanpa gravitasi.


(WIL)


Trump Sebut AS Siap Tingkatkan Senjata Nuklir

Trump Sebut AS Siap Tingkatkan Senjata Nuklir

23 hours Ago

Trump menyebut Rusia tidak patuh terhadap semangat dari perjanjian nuklir era Perang Dingin.

BERITA LAINNYA