Kue Berumur 100 Tahun Terawetkan Sempurna di Antartika

Willy Haryono    •    Jumat, 11 Aug 2017 16:41 WIB
peristiwa unik
Kue Berumur 100 Tahun Terawetkan Sempurna di Antartika
Kue buah atau fruitcake ditemukan dalam keadaan terawetkan sempurna di sebuah pondok di Antartika. (Foto: Antarctic Heritage Trust)

Metrotvnews.com, London: Kue jenis fruitcake berusia 100 tahun yang diyakini merupakan milik tim eksplorasi Kapten Scott ditemukan dalam kondisi sempurna di sebuah pondok di Antartika. 

Sejumlah pekerja dari Antarctic Heritage Trust menemukan kue tersebut, yang masih tersimpan di dalam sebuah kaleng usang, saat sedang menelusuri sebuah kamp kuno. 

Seperti dikutip Standard.co.uk, Jumat 11 Agustus 2017, kue itu ditemukan dalam "kondisi luar biasa." Lewat pengamatan visual, kue itu terlihat masih bisa dimakan dan tidak berbau busuk. 

Diyakini kue itu berasal dari ekspedisi Robert Falcon Scott di tahun 1911. Kue itu disimpan di sebuah pondok di Cape Adare saat tim ekspedisi beristirahat. 

Dibuat oleh pabrik Huntley and Palmers yang berbasis di Reading, kue itu dikenal sebagai camilan favorit Scott. 


Kaleng tempat ditemukannya kue di Antartika. (Foto: Antarctic Heritage Trust)

"Saat sedang menjalankan program konservasi artefak di Cape Adare, menemukan fruitcake yang terawetkan sempurna merupakan hal mengejutkan," kata Lizzie Meek, manajer program Antarctic Heritage Trust.

"Ini merupakan kue ideal untuk memberikan energi di tengah temperatur dingin Antartika. Kue ini masih menjadi favorit dalam ekspedisi dunia es di era modern," lanjut dia. 

Beberapa pondok di Cape Adare, dibangun oleh tim ekspedisi Carsten Borchgrevink asal Norwegia pada 1899, adalah yang pertama berdiri di Antartika. Tim Scott menggunakan pondok-pondok tersebut dalam ekspedisi Terra Nova. 

Scott dan seluruh anggota ekspedisinya tidak pernah kembali. 


(WIL)