Lukisan Tumpukan Jerami Ini Terjual Rp1 Triliun

Willy Haryono    •    Kamis, 17 Nov 2016 19:00 WIB
peristiwa unik
Lukisan Tumpukan Jerami Ini Terjual Rp1 Triliun
Pengunjung melihat Meule, satu dari sejumlah lukisan tumpukan jerami karya Claude Monet, di New York. (Foto: Daily Mail)

Metrotvnews.com, New York: Lukisan mahakarya seniman ternama Claude Monet, "Meule," yang merupakan bagian dari seri terkenal tumpukan jerami miliknya, terjual dalam sebuah pelelangan di New York, Rabu 16 November, di angka USD81,4 juta atau setara lebih dari Rp1 triliun. 

Menurut balai lelang Christie's, ini merupakan harga tertinggi dari lukisan karya Monet. 

Rekor sebelumnya tercatat pada Juni 2008. Ketika itu, "Bassin aux nympheas" (Bunga Lili Air") terjual USD80,4 juta dalam lelang di London. 


Bassin aux nympheas. (Foto: Daily Mail)

Harga terakhir "Meule," yang meliputi biaya jasa dan komisi, melampaui prediksi Christie's senilai USD45 juta. Lelang berlangsung selama lebih kurang 15 menit, kurun waktu yang relatif tak biasa untuk karya bernilai tinggi. 

"Meule," yang memperlihatkan sebuah tumpukan jerami pada senja hari, adalah satu dari seri serupa yang dilukis Monet selama musim dingin 1890-1891 di rumahnya di Giverny, Normandy. 

Christie's mengatakan "Meule" adalah salah satu karya langka Monet yang masih berada di tangan seseorang. 

Sebagian besar lukisan tumpukan jerami lainnya berada di Musee d'Orsay di Paris, Museum Seni Metropolitan di New York dan Institut Seni Chicago. Lukisan "Muele" yang terjual didapat pada September 1891 oleh galeri seni Knoedler & Co., yang kemudian membawanya ke Amerika Serikat (AS).

Dalam beberapa tahun terakhir, harga karya seni Monet dan pelukis ternama lainnya meroket ke angka fantastis.


(WIL)