Hanya karena Makanan, Dua Pilot Berkelahi di Udara

Fajar Nugraha    •    Senin, 30 Jul 2018 08:08 WIB
dunia unik
Hanya karena Makanan, Dua Pilot Berkelahi di Udara
Pesawat Iraqi Airways. (Foto: Travel Trade Daily).

Baghdad: Keamanan sebuah penerbangan amat tergantung oleh kinerja pilot. Namun apa yang diperlihatkan dua orang pilot sebuah maskapai Irak ini sangat mengkhawatirkan.

Dua orang pilot maskapai Iraqi Airways terlibat perkelahian di udara saat penerbangan. Perkelahian dipicu oleh masalah sepele, yakni karena makanan.

Para pilot itu menerbangkan pesawat dari Mashad, Iran dengan tujuan Baghdad, Irak. Ketika berada di ketinggian 37 ribu kaki, pilot dari pesawat yang membawa 157 penumpang justru berkelahi.

Alhasil keduanya pun diproses oleh pihak maskapai. Kopilot menulis laporan mengenai insiden memalukan tersebut.

"Perdebatan dengan pilot makin memanas karena dia melarang pramugari membawakan saya makanan. Semua atas dasar bahwa saya belum meminta izin," isi surat laporan kopilot, seperti dikutip The Independent, Senin 30 Juli 2018.

Menurut laporan, pihak keamanan pesawat harus mengambil tindakan ketika perdebatan kedua pilot berakhir dengan adu jotos. Pesawat berhasil mendarat dengan selamat, tetapi kedua pilot itu melanjutkan perkelahiannya di darat.

Pihak Iraqi Airways menjelaskan bahwa kedua pilot itu dalam penyelidikan. Kementerian transportasi pun membuka penyelidikan terhadap pilot itu dan kemungkinan keduanya akan mendapatkan hukuman pelarangan terbang seumur hidup.




(FJR)