Headphone Penumpang Meledak dalam Penerbangan Menuju Australia

Willy Haryono    •    Rabu, 15 Mar 2017 15:52 WIB
penerbangan duniaperistiwa unik
Headphone Penumpang Meledak dalam Penerbangan Menuju Australia
Ilustrasi kecelakaan pesawat

Metrotvnews.com, Melbourne: Sebuah headphone milik seorang penumpang meledak di pesawat dalam penerbangan dari Tiongkok menuju Australia.

Kejadian bermula saat seorang penumpang mendengarkan musik dengan menggunakan headphone miliknya yang bertenaga baterai dalam penerbangan dari Beijing menuju Melbourne pada 19 Februari. 

Di tengah perjalanan, tiba-tiba terdengar suara ledakan keras. 

"Saat saya hendak berpaling, saya merasakan sensasi terbakar di wajah," ucap penumpang itu kepada Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) yang menginvestigasi insiden, seperti dikutip AFP, Rabu 15 Maret 2017. 

"Headphone itu bergeser ke leher. Saya terus merasakan sensasi terbakar, dan headphone itu saya lemparkan ke lantai. Terlihat ada percikan api," sambung dia.

Pramugari bergegas datang dan menyiramkan air ke headphone. Namun baterai alat itu meleleh dan menempel ke lantai kabin. 

Sejumlah foto memperlihatkan penumpang itu, yang namanya tidak disebutkan, dengan luka bakar di wajah, leher dan tangannya. 

Usai kejadian, seluruh penumpang terpaksa harus mencium aroma plastik dan alat elektronik yang terbakar sepanjang perjalanan. ATSB tidak mengungkapkan nama maskapai atau mereka headphone dalam kejadian ini. 

ATSB mengatakan alat elektronik dengan baterai lithium-ion memang rentan meledak dan terbakar dalam penerbangan. Jika tidak dipakai, sebaiknya alat semacam itu dimatikan dan disimpan dengan baik.


(WIL)