Surat 'Meragukan Tuhan' Einstein Terjual Rp41 Miliar

Willy Haryono    •    Rabu, 05 Dec 2018 14:46 WIB
Albert Einstein
Surat 'Meragukan Tuhan' Einstein Terjual Rp41 Miliar
Sebuah surat yang ditulis Albert Einstein terlihat dalam acara lelang di Yerusalem pada 20 Juni 2017. (Foto: AFP/GIL COHEN-MAGEN)

New York: Sebuah surat yang ditulis tangan oleh ilmuwan ternama Albert Einstein terjual seharga USD2,89 juta atau setara Rp41, 6 miliar. Surat itu berisi pemikiran Einstein yang meragukan eksistensi Tuhan.

Terjual di balai lelang Christie's di New York, Selasa 4 Desember 2018, harga tersebut jauh melampaui estimasi di kisaran USD1-1,5 juta.

Seperti dikutip dari kantor berita AFP, surat yang menggunakan bahasa Jerman itu ditulis Einstein untuk seorang filsuf Eric Gutkind pada 1954. Dalam suratnya, Einstein mengaku tidak memercayai eksistensi Tuhan.

"Kata 'Tuhan' bagi saya tidak berarti apa-apa, melainkan hanya ekspresi dan produk kelemahan diri manusia," tulis pria yang meninggal di usia 76 tahun itu. Menurut Einstein, Alkitab hanya koleksi cerita dan legenda tua yang bersifat primitif.

Sebelum muncul di Christie's, surat itu pernah terjual ke seorang kolektor pribadi seharga USD404 ribu pada 2008.

Enam tahun sebelumnya, surat Einstein untuk Presiden ke-32 Amerika Serikat Franklin D. Roosevelt terjual seharga USD2,1 juta.

Surat itu berisi peringatan mengenai pemerintah Jerman yang sedang mempersiapkan bom atom.
(WIL)