Bertengkar di Udara, Dua Pilot India Dilarang Terbang

Arpan Rahman    •    Kamis, 04 Jan 2018 20:16 WIB
pesawat
Bertengkar di Udara, Dua Pilot India Dilarang Terbang
Dua pilot maskapai Jet Airways dilarang terbang karena bertengkar (Foto: AFP).

New Delhi: Sebuah maskapai penerbangan India mengatakan, pada Kamis 4 Januari 2018, bahwa pihaknya telah mengandangkan dua pilot. Tuduhan atas keduanya adalah mereka bertengkar dan dua pilot itu keluar dari kokpit selama penerbangan Tahun Baru dari London ke Mumbai.
 
Jet Airways sedang menyelidiki klaim bahwa seorang pilot laki-laki menampar rekan perempuannya saat terjadi perdebatan sengit. Saat itu, pesawat tersebut berada di udara dengan 324 penumpang di dalamnya.
 
Laporan di beberapa surat kabar India, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa pertengkaran di udara menyebabkan pilot perempuan meninggalkan kokpit. Ia menangis dan harus dibujuk untuk masuk kembali oleh awak kabin.
 
"Pada satu titik, pilot laki-laki juga meninggalkan kokpit, membiarkan kontrol secara singkat tidak dijaga," menurut Times of India.
 
"Kesalahpahaman terjadi antara awak kokpit. Namun, hal yang sama segera diselesaikan secara damai dan pesawat melanjutkan perjalanannya ke Mumbai, mendarat dengan selamat," kata Jet dalam sebuah pernyataan seperti dilansir AFP, Kamis 4 Januari 2018.
 
"Maskapai ini telah melaporkan kejadian tersebut ke Direktorat Jenderal Perhubungan Udara India dan awak kapal yang bersangkutan telah diistirahatkan sambil menunggu penyelidikan internal yang telah dimulai," tambahnya.
 
Penerbangan tersebut berangkat dari London sekitar pukul 10:00 waktu Greenwich, pada Senin 1 Januari 2018 dan tiba di ibukota keuangan India dengan jadwal sekitar sembilan jam kemudian pada tengah malam waktu setempat.
 
"Di Jet Airways, keamanan tamu, awak kapal, dan aset sangat penting dan maskapai penerbangan memiliki toleransi nol terhadap tindakan karyawannya yang membahayakan keselamatan," kata maskapai tersebut dalam pernyataannya.



(FJR)