NASA Rilis Serangkaian Foto Terbaru Planet Jupiter

Willy Haryono    •    Kamis, 13 Jul 2017 20:42 WIB
luar angkasa
NASA Rilis Serangkaian Foto Terbaru Planet Jupiter
Great Red Spot atau Titik Merah Besar di planet Jupiter. (Foto: NASA)

Metrotvnews.com, Washington: Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru saja merilis serangkaian foto planet Jupiter yang terlihat lebih jelas dan dekat daripada sebelum-sebelumnya.

Dari jarak 9.000 kilometer, misi Juno NASA memperlihatkan penampakan baru badai Great Red Spot di Jupiter.

Ini lebih dari hanya sekedar titik, seperti apa yang terlihat pada foto. Great Red Spot merupakan kumpulan awan seluas 16.000 kilometer dan membentuk badai berukuran 1,3 kali lebih besar daripada Bumi.

Penelitian NASA terkait Jupiter selama ini didedikasikan untuk memahami Great Red Spot. Gambar-gambar yang diproses ilmuan NASA menunjukkan awan merah dengan mata badai di pusatnya.

"Badai monumental ini telah bergejolak di planet terbesar di tata surya selama berabad-abad. Sekarang, Juno dan instrumen sainsnya yang telah menembus awan akan menyelam dan melihat seberapa dalam akar badai ini, sehingga dapat membantu kita memahami mekanisme badai raksasa ini dan apa yang membuatnya begitu istimewa," kata Scott Bolton, penyidik utama Juno, seperti dikutip CNN, Kamis 13 Juli 2017.



Bolton memimpin tim besar dengan 32 wakil investigator dan 28 personel kunci yang didedikasikan untuk misi Juno, pesawat ruang angkasa bertenaga surya terjauh dari Bumi.

Terdiri dari delapan instrumen, misi tersebut memuat foto dan informasi yang akan mengarahkan para peneliti untuk menemukan permukaan badai, yang telah dipantau sejak 1830. NASA mengatakan bahwa tempat tersebut mungkin berusia lebih dari 350 tahun.

Data yang terkumpul dapat membantu menjelaskan lebih lengkap mengenai asal muasal, evolusi, dan dampak terbaru dari Jupiter di tata surya. Sebagai planet terbesar dalam sistem tata surya, Jupiter dapat berpengaruh besar terhadap perputaran objek luar angkasa, termasuk planet dan asteroid.

Misi Juno juga dapat mengungkap komposisi kimia dan medan magnet Jupiter. NASA mengatakan Jupiter memiliki komposisi serupa dengan matahari dan keduanya terbentuk dalam waktu yang hampir sama.

Gambar yang dirilis NASA pada Senin ini hanyalah awal dari rencana ilmuwan untuk Juno, yang berhasil sampai ke Jupiter pada 4 Juli 2016 - hampir lima tahun setelah diluncurkan dari Florida pada Agustus 2011. Sejak kedatangannya, perjalanan Juno telah mencapai sekitar 114 juta kilometer mengelilingi planet.

Tim Bolton di Laboratorium Propulsi Jet NASA di California sekarang menanti serangkaian foto terbaru Jupiter via misi Juno, yang dijadwalkan keluar pada 1 September tahun ini. (Lidya Suzana)






(WIL)